NEWS

Isu Perdagangan Manusia Bakal Jadi Pembahasan di KTT ASEAN 2023

Sering terjadi lewat penipuan berbasis teknologi informasi.

Isu Perdagangan Manusia Bakal Jadi Pembahasan di KTT ASEAN 2023Ilustrasi TPPO. (Pixabay/lamuk_lamuk)
02 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Isu Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) akan jadi salah satu topik pembahasan penting dalam pertemuan sesi pleno KTT ke-42 ASEAN 2023, yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo pada 9-11 Mei 2023.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, mengatakan maraknya isu perdagangan manusia yang juga mendera Warga Negara Indonesia (WNI) beberapa waktu terakhir, membuat pemerintah berinisiatif mendorong upaya penguatan bersama memberantas tindak kejahatan tersebut, dalam lingkup regional ASEAN.

“Inisiatif Indonesia sebagai wujud upaya regional dalam penanganan TPPO akan dibahas dan dituangkan dalam ASEAN Leaders' Declaration on Combating TIP Caused by Abuse of Technology," kata Teuku dalam keterangan yang dikutip di laman resmi Kementerian Luar Negeri, Selasa (2/5).

Hal ini memerlukan perhatian yang serius dan mendalam dan intens, mengingat kasus TPPO yang semakin banyak dan sering terjadi seiirng penipuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

Masalah kompleks

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah.
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah. (dok. indonesia.go.id)

TPPO adalah masalah yang cukup kompleks, sehingga perlu upaya penanganan regional secara kolektif. Hal ini bisa dimulai dari tahapan deteksi, pencegahan, pelindungan, pemulangan, rehabilitasi sampai mengatasi akar permasalahan.

Oleh karena itu, topik ini menurut Teuku sangat penting untuk dibahas dalam kesempatan KTT ASEAN mendatang, dengan Indonesia yang menyandang ketua. kapasitas para penegak hukum negara anggota ASEAN perlu diperkuat dalam melakukan investigasi, pengumpulan bukti, identifikasi korban dan prosekusi.

“Diperlukan juga penguatan kerja sama untuk pencegahan, rehabilitasi serta reintegrasi para korban,” katanya.

Kasus yang terjadi

Ilustrasi human trafficking.
Ilustrasi human trafficking. (Pixabay/sammisreachers)

Related Topics