NEWS

Jadi Lokasi KTT ASEAN, Ini Rekomendasi Destinasi Wisata Labuan Bajo

Destinasi wisata Labuan Bajo bisa tumbuhkan UMKM lokal.

Jadi Lokasi KTT ASEAN, Ini Rekomendasi Destinasi Wisata Labuan BajoZona C Kawasan Waterfornt City Labuan Bajo. (Dok. Kemenparekraf)
27 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN siap diadakan pada 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo. Event ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat lokal, salah satunya pada berbagai destinasi wisata di sekitar kawasan. 

Labuan Bajo sudah cukup populer sebagai destinasi wisata, terutama sebagai ‘gerbang’ Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang jadi habitat asli hewan purba langka, Komodo. Namun, pemerintah tak berpuas diri dan mengesahkan Labuan Bajo sebagai satu dari Destinasi Super Prioritas yang dikembangkan untuk menjadi ‘Bali’ selanjutnya.

Presiden Joko Widodo belum lama ini berkunjung ke Labuan Bajo untuk memastikan kesiapan menyelenggarakan KTT ASEAN 2023. Melansir beberapa sumber, berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Labuan Bajo.

Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin.
Goa Batu Cermin. (dok. Kemenparekraf)

Dalam kunjungannya ke Labuan Bajo (23/4), Jokowi menyempatkan diri untuk mendatangi Goa Batu Cermin yang hanya berjarak sekitar 15 menit dari pelabuhan dan bandara. Obyek wisata yang berupa goa dengan rangkaian batu gamping setinggi 75 meter ini terletak di Desa Batu Cermin.

Wisata Goa Batu Cermin menjadi bukti bahwa Labuan Bajo pada masa lampau berada di bawah laut. Hal ini ditunjukkan oleh adanya temuan fosil biota bawah laut di goa tersebut. Durasi untuk berkunjung di destinasi ini diperkirakan 1-2 jam. Di lokasi ini juga terdapat area khusus Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal.

Puncak Waringin

Creative Hub Labuan Bajo di Puncak Waringin.
Creative Hub Labuan Bajo di Puncak Waringin. (dok. Kemenparekraf)

Related Topics