NEWS

Jelang MotoGP, Asosiasi Ungkap Okupansi Hotel di Mataram Capai 65%

Pihak hotel boleh menaikkan tarif hingga 300 persen.

Jelang MotoGP, Asosiasi Ungkap Okupansi Hotel di Mataram Capai 65%Sirkuit Mandalika, Lombok. (ANTARAFOTO/Ahmad Subaidi)
29 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Asosiasi Hotel Mataram (AHM) menyatakan bahwa sekitar 65 persen kamar hotel di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) sudah terisi, menjelang perhelatan akbar MotoGP di Mandalika International Street Sircuit, pada 13-15 Oktober 2023.

Ketua AHM, Adiyasa Kurniawan, mengatakan,  angka tersebut sudah dipesan dan rata-rata uang mukanya sudah dibayar. “Bisa kita pastikan, saat MotoGP berlangsung, kamar hotel di Mataram akan penuh,” ujarnya seperti dikutip dari Antaranews, Selasa (29/8).

AHM mencatat,  sedikitnya ada lebih dari 4.000 kamar hotel di Mataram, baik yang hotel berbintang, maupun non-bintang. Ia berharap, momentum ini benar-benar dimanfaatkan oleh hotel-hotel yang ada dengan menjaga kualitas akomodasi yang ditawarkan, supaya para tamu puas dan bersedia kembali di lain waktu.

Paketan harga

Kolam renang Pullman Lombok Mandalika Beach Resort/Dok. Accor

Adiyasa mengatakan bahwa Kota Mataram berada pada ring tiga, sehingga harga kamar diberi toleransi kenaikan tarif maksimal hingga 300 persen. “Kami ke agen memberikan harga sesuai batas maksimal, tapi kita tidak bisa kontrol berapa agen menjual ke tamu,” katanya.

Ia mengatakan, sulit mengontrol harga karena umumnya hotel menjual kamar ke agen pariwisata. Selain itu, penjualan kamar hotel pada momentum MotoGP banyak yang dibuat per paket. Dengan begitu, para tamu MotoGP kemungkinan bisa masuk dan keluar hotel pada hari yang sama.

Bahkan, kata Adiyasa, pihak hotel  bisa menawarkan paket secara lengkap, mulai dari menginap, transportasi, konsumsi, termasuk tiket nonton MotoGP. “Tarif hotel bisa berlipat-lipat, bahkan satu paket bisa mencapai hingga Rp7 juta,” ujarnya.

Di Mandalika sudah terisi penuh

MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Related Topics