NEWS

Jokowi Inginkan Konsep Festival Budaya di Pernikahan Kaesang-Erina

Agar masyarakat dapat menjadi bagian dari acara pernikahan.

Jokowi Inginkan Konsep Festival Budaya di Pernikahan Kaesang-ErinaMenteri BUMN, Erick Thohir, mengecek persiapan pernikahan Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran, Solo. (ANTARAFOTO/Maulana Surya)
09 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan gelaran pernikahan sang anak, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, bisa berlangsung dalam konsep Festival Budaya, sehingga memungkinkan rakyat turut serta menjadi bagian dari pernikahan.

Hal ini disampaikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir dalam sebuah acara, pada Kamis (8/12). “Pernikahan ini ada Festival Budaya dan mendorong ekonomi kerakyatan. Jangan sampai ini dianggap sebuah kemegahan. Ini Festival Budaya yang ingin diciptakan. Kita bisa lihat nanti, bagaimana kereta kuda diiringi pasukan yang berpakaian Jawa,” katanya.

Erick mengatakan bahwa pernikahan Kaesang-Erina rencananya akan diadakan dalam balutan budaya Solo. Pernikahan ini akan diramaikan car free day, sehingga orang-orang bisa berjalan kaki. Selain itu, ada sembilan panggung kecil untuk festival budaya. Konsep ini sebelumnya juga pernah dilakukan pada rangkaian acara pernikahan Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda.

“Ada musik jalanan, ada lagu keroncong, ada tari-tarian. Belum lagi nanti, Mas Kaesang berinsiasi dengan restorannya yang ngasih makan gratis. Itu nanti kami lakukan. Ini ide dari Mas Kaesang sendiri, bukan dari kami,” kata Erick.

Rangkaian acara

Karangan bunga pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.
Karangan bunga pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. (ANTARAFOTO/Maulana Surya)

Seperti diketahui, rangkaian pernikahan Kaesang pangarep dan Erina Gudono dibuka dengan acara seaman Al-Quran dan pengajian di kediaman pengantin masing-masing pada (8/12). Lalu dilanjutkan prosesi siraman pada Jumat (9/12) yang dilanjutkan malam midodareni.

Menurut Wedding Organizer Pengantin Production, akad nikah akan dilangsungkan pada Sabtu (10/12) di Pendopo Royal Ambarukmo, Yogyakarta. Rencananya, pada momentum akad nikah hanya akan dihadiri oleh sekitar 300 tamu undangan. “Di heritage-nya, di pendoponya. Sangat terbatas,” kata Sang Pemilik WO, Dani Wigung.

Acara resepsi pernikahan akan digelar pada Minggu (11/12) di Pura Mangkunegaran, Solo Jawa Tengah. "Sebelum acara akan ada acara adat dengan kirab pengantin dari Loji Gandrung Solo ke lokasi acara resepsi di Pura Mangkunegaran," ujarnya.

Permintaan maaf

Keluarga Presiden Jokowi dalam konferensi pers usai prosesi siraman Kaesang Pangarep, Jumat (9/12).
Keluarga Presiden Jokowi dalam konferensi pers usai prosesi siraman Kaesang Pangarep, Jumat (9/12). (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Related Topics