NEWS

Pasokan Melimpah, Jokowi Klaim Harga Bahan Pokok Turun Jelang Lebaran

Harga diperkirakan terus terkendali sampai Lebaran.

Pasokan Melimpah, Jokowi Klaim Harga Bahan Pokok Turun Jelang LebaranPresiden Jokowi, mendag Zulhas, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, kunjungi pasar Cepogo, Boyolali. (Tangkapan layar)
10 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan menjelang perayaan Idulfitri 1444 Hijriyah atau Lebaran 2023, harga kebutuhan pokok di sejumlah daerah terpantau turun. Hal ini dikarenakan pasokan dan produksinya yang cukup melimpah. 

Menurutnya, penurunan harga terjadi di sejumlah harga kebutuhan pokok, terutama pangan, mulai dari cabai rawit, telur, bawang putih, hingga daging ayam. “Turun semua, mungkin karena pasokan produksinya banyak sehingga menyebabkan harga turun. Ini baik,” katanya saat mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (10/4).

Jokowi juga memastikan ketersediaan sejumlah bahan kebutuhan pokok masih terkendali dua pekan menjelang Lebaran 2023. “Ini kan tinggal dua minggu, saya kira insyaallah turun terus. Beras juga turun dikit,” katanya.

Penyaluran CBP

Presiden Jokowi saat mengunjungi Pasar Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada Senin (10/4).
Presiden Jokowi saat mengunjungi Pasar Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, pada Senin (10/4). (dok. Setkab)

Presiden juga sempat menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebagai bantuan pangan kepada Perum Bulog Pusat Distribusi di Kartasura, Kabupaten Sukoharjo. Rencananya, bantuan pangan berupa beras tersebut akan disalurkan untuk 21,3 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Solo Raya. “Tiga bulan ke depan per bulan diberikan bantuan 10 kilogram beras,” ujarnya.

CBP ini dipersiapkan untuk menghadapi musim paceklik akibat badai El Nino yang mengancam pertanian. Untuk itu, pemerintah pun mempersiapkan 2 juta Ton CBP yang akan diimpor secara bertahap ke dalam negeri. 

Satgas siaga

Jokowi meninjau harga pangan di Pasar Cepogo, Boyolali, Jateng, Senin (10/4).
Jokowi meninjau harga pangan di Pasar Cepogo, Boyolali, Jateng, Senin (10/4). (dok. Setkab)

Related Topics