NEWS

Jokowi Anggarkan Rp800 Miliar Untuk Perbaiki Jalan Rusak di Lampung

Infrastruktur jalan terkait mobilitas barang dan orang.

Jokowi Anggarkan Rp800 Miliar Untuk Perbaiki Jalan Rusak di LampungMobil Presiden melalui sejumlah jalan yang rusak di Lampung. (Tangkapan layar)
05 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menggarkan Rp800 miliar untuk memperbaiki sejumlah jalan yang rusak di Provinsi Lampung. Tak hanya itu, perbaikan sejumlah jalan yang rusak parah akan segera diambil alih oleh pemerintah pusat.

“Tahun ini pemerintah pusat, khusus untuk Lampung akan mengucurkan anggaran kurang lebih Rp800 miliar untuk 15 ruas jalan,” kata Jokowi kepada awak media di Lampung, Jumat (5/5). “Akan dimulai perbaikan dan pembangunannya bulan Juni, karena harus dilelang dulu.”

Selain itu, ada juga beberapa jalan yang harus diperbaiki dan tetap menjadi tanggung jawab Gubernur maupun Bupati/Walikota. “Jangan semuanya pemerintah pusat,” ujarnya.

Menurutnya, perbaikan jalan di berbagai wilayah memang sudah menjadi tanggung jawab jajaran pemerintahan, mulai dari Pusat, Provinsi, sampai Kabupaten/Kota. Perbaikan tersebut pun menurutnya tak berhubungan dengan konten yang sebelumnya telah viral. “Karena itu menyangkut mobilitas barang, dan orang, dang ongkos logistik. Kalau ongkos logistik tinggi, produk itu tak bisa bersaing,” ujarnya.

PUPR ambil alih

Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung.
Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung. (Tangkapan layar)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya pembangunan infrastruktur dalam menjaga pasokan dan harga bahan kebutuhan pokok karena berkaitan erat daya beli masyarakat. “Infrastruktur jalan penting dalam rangka menurunkan biaya logistik,” ujarnya saat mengunjungi Pasar Natar, Lampung Selatan, (5/5).

Menurutnya, biaya logistik sangat tergantung pada kondisi infrastruktur jalan.“Yang kira-kira provinsi tidak memiliki kemampuan (membangun), kemudian Kabupaten, ya akan diambil alih oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU), utamanya yang jalannya rusak parah,” kata Presiden.

Melalui jalan tak rata

Iring-ringan kendaraan Presiden saat meninjau jalan rusak di Lampung.
Iring-ringan kendaraan Presiden saat meninjau jalan rusak di Lampung. (Tangkapan layar)

Related Topics