MARKET

Pasar Kripto Bergairah Lagi, Wisconsin Beli ETF Bitcoin US$100 Juta

Inflasi di AS sebabkan harga Bitcoin kembali melonjak.

Pasar Kripto Bergairah Lagi, Wisconsin Beli ETF Bitcoin US$100 JutaIlustrasi cara menambang Bitcoin. (Shutterstock/Morrowind)
16 May 2024

Fortune Recap

  • Negara bagian Wisconsin membeli ETF Bitcoin Blackrock senilai US$100 juta pada kuartal I tahun ini.
  • Harga Bitcoin naik 1 persen mencapai US$61.957 per keping setelah pengungkapan pembelian ETF oleh Wisconsin.
  • Kenaikan harga Bitcoin mencapai US$66.000 dipicu oleh penurunan inflasi AS dan minat signifikan dari bank-bank besar global.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Pasar perdagangan kripto kembali bergairah, salah satunya tercermin dari aktivitas pembelian ETF Bitcoin Blackrock Spot senilai US$100 juta yang dilakukan oleh negara bagian Wisconsin, Amerika Serikat.

Media coindesk.com memberitakan bahwa negara bagian Wisconsin membeli 94,562 saham iShares Bitcoin Trust (IBIT) BlackRock senilai US$100 juta pada kuartal I tahun ini. Usai informasi ini menyebar, Bitcoin naik 1 persen mencapai US$61.957 per keping, pada perdagangan Selasa (14/5).

Analis senior ETF Bloomberg Intelligence, Eric Balchunas menulis dalam sebuah unggahan di X, perihal aksi Wisconsin sebagai negara bagian pertama yang mengungkapkan membeli Bitcoin dalam laporan triwulanan 13F ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC).

“Biasanya Anda tidak akan mendapatkan institusi ikan besar ini di 13F selama satu tahun atau lebih (ketika ETF mendapatkan lebih banyak likuiditas) namun seperti yang telah kita lihat, ini bukanlah peluncuran biasa,” kata Balchunas. "Pertanda baik, berharap lebih banyak, karena institusi cenderung bergerak secara berkelompok."

Coindesk.com melaporkan, pasar mengamati pengungkapan–Wisconsin–ini untuk melihat apakah ada dana TradFi besar yang diinvestasikan dalam ETF bitcoin sejak diluncurkan awal tahun ini.

Adapun, pengelola aset Wisconsin adalah dewan investasi yang juga dikenal sebagai SWIB, dan mengelola aset negara bagian tersebut, lebih dari US$156 miliar, baik dalam bentuk Wisconsin Retirement System (WRS), Dana Investasi Negara (SIF), dan dana perwalian negara lainnya.

Related Topics