NEWS

Jokowi Tambah Dana Stimulan Bagi Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur

Jokowi minta dana stimulan diprioritaskan untuk perbaikan.

Jokowi Tambah Dana Stimulan Bagi Rumah Rusak Akibat Gempa CianjurJokowi serahkan bantuan Dana Stimulan kepada korban gempa Cianjur, Kamis (8/12). (dok. Setpres)
08 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan bantuan sekaligus menambahkan Dana Stimulan kepada para korban gempa bumi Cianjur yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan. 

“Tadi pagi saya sudah juga menyampaikan ke Menteri Keuangan. Ada uang atau tidak. Ternyata ada sedikit. Sehingga, saya putuskan, yang 50 akan menjadi 60 juta. Yang 25 menjadi 30 juta dan yang 10 akan menjadi 15 juta,” kata Presiden saat mengunjungi para warga terdampak gempa bumi, Kamis (8/12).

Presiden meminta warga penerima bantuan untuk menggunakan Dana Stimulan dengan bijak dengan prioritas untuk pembangunan rumah. “Titipan saya, agar pembangannya segera dimulai. Uang yang sudah diberikan agar 100 persen dipakai untuk perbaikan rumah,” katanya. “Jangan sampai berubah jadi sepeda motor.”

Skema berjangka

Jokowi beri instruksi untuk pembangunan kembali bangunan yang rusak akibat Gempa Cianjur.
Jokowi beri instruksi untuk pembangunan kembali bangunan yang rusak akibat Gempa Cianjur. (dok. Setpres)

Untuk menjaga agar pemanfaatannya tepat, penyaluran Dana Stimulan akan dibuat skema berjangka. Artinya tidak sepenuhnya dana tersebut dicairkan kepada pemilik rekening, melainkan akan bertahap dengan perbandingan 40 persen di awal dan sisanya akan menyusul. 

Berdasarkan data yang diterima, saat ini ada sekitar 53 ribu rumah yang mengalami kerusakan, di antaranya 12.900 rumah rusak berat, 15 ribu rumah rusak sedang, dan 25 ribu rumah rusak ringan. Dari data tersebut, Kecamatan Cugenang merupakan daerah yang paling parah terdampak gempa bumi.

Lebih dari empat ribu warga penerima Dana Stimulan sangat antusias mendapatkan bantuan tersebut. Bantuan tersebut menjadi harapan di tengah masa sulit.

Lima tahap pencairan

Presiden koordinasikan perbaikan bangunan rusak di Cianjur akibat gempa bumi yang terjadi, Kami (8/12).
Presiden koordinasikan perbaikan bangunan rusak di Cianjur akibat gempa bumi yang terjadi, Kami (8/12). (dok. Setpres)

Related Topics