NEWS

Jokowi Sebut Pembangunan Papua Sebagai Prioritas Pemerintah

Youth Creative Hub tingkatkan kualitas SDM Papua.

Jokowi Sebut Pembangunan Papua Sebagai Prioritas PemerintahPresiden Jokowi. (Tangkapan layar)
21 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi), menegaskan bahwa pembangunan di Papua merupakan salah satu prioritas pembangunan pemerintah Indonesia. Ia juga mengatakan, arah pembangunan Indonesia saat ini bersifat Indonesia sentris.

“Ingin saya sampaikan bahwa pembangunan Indonesia sekarang bukan Jawa-sentris,” ujarnya saat meresmikan Papua Youth Creative Hub, di Kota Jayapura, Selasa (21/3).

Sejumlah proyek pembangunan menurutnya dilakukan di Papua, seperti jalan Trans Papua dan jalan perbatasan, pembangunan dan revitalisasi bandar udara (bandara), hingga pembangunan kawasan perbatasan dan pos lintas batas negara (PLBN).

“Jalan Trans Papua 3.462 kilometer telah kita bangun di tanah Papua, jalan di perbatasan, 1.098 kilometer telah dibangun di tanah Papua, Jembatan Youtefa 1,3 kilometer ada di Jayapura, Bandara Domine Eduard Osok di Sorong juga kita perbaiki terminalnya, bandara di Wamena kita bangun, Jayawijaya,” kata Jokowi.

Mengawal pembangunan

Dalam kesempatan tersebut, Presiden mengajak masyarakat Papua ikut mengawal pembangunan di Tanah Papua. Pasalnya, sejak 2014 sampai 2022, alokasi anggaran yang keluar dari pusat untuk pembangunan di Papua mencapai Rp1.036 triliun.

“Saya minta kepada masyarakat di tanah Papua, tolong ini diawasi, dikawal, diamati terus, jangan sampai belok ke mana-mana nanti tidak akan jadi barang, hati-hati mengenai ini,” katanya.

Ia pun mengingatkan, bahaya korupsi yang menjadi momok dalam pembangunan di berbagai daerah. “Saya minta diawasi, dikawal terus, dilihat betul, karena duitnya gede sekali yang ada di tanah Papua,” ujarnya.

Sumber daya manusia

Salah satu hal yang ditekankan Jokowi dalam pembangunan di Papua adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertolok ukur dari para pemuda dan pemudi di sana. Oleh karena itu, keberadaan ruang seperti Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Kota Jayapura, sangat dibutuhkan.

“Semuanya memiliki kesempatan karena saya melihat peluang, opportunity. Kesempatan di Tanah Papua masih sangat besar sekali untuk bisa anak-anak muda masuk. Dan, ini kita harapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan, memberikan peningkatan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai,” ujarnya. 

Related Topics