NEWS

Kemenhub Perbanyak Pelabuhan yang Terapkan Inaportnet

Total yang menggunakan Inaportnet kini sudah 109 pelabuhan.

Kemenhub Perbanyak Pelabuhan yang Terapkan InaportnetMenhub, Budi Karya Sumadi. (Tangkapan layar)
13 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperbanyak pelabuhan yang menerapkan aplikasi layanan kapal dan barang berbasis online atau disebut juga Inaportnet. Saat ini, total  pelabuhan yang gunakan Inaportnet mencapai 109 di seluruh Indonesia.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan Inaportnet adalah aplikasi nasional untuk mengintegrasikan seluruh sistem informasi terkait pelabuhan di seluruh Indonesia. “Inaportnet menjadi salah satu Instruksi Presiden dalam upaya penataan ekosistem logistik. Untuk itu, saya minta komitmen dan konsistensi semua pihak terkait terhadap standar operasional (SOP) yang berlaku,” ujarnya dalam keterangan resmi Kemenhub, Selasa (13/12).

Kemenhub menargetkan menambah 151 pelabuhan pada 2023, sehingga totalnya nanti akan berjumlah 260 pelabuhan yang menerapkan Inaportnet. Jumlah tersebut akan semakin bertambah agar seluruh pelayanan pelabuhan kapal di Indonesia terintegrasi dalam satu sistem.

Pada (13/12), Menhub meluncurkan (go-live) penerapan aplikasi Inaportnet di 32 pelabuhan bersamaan dengan Penandatangan Pakta Integritas penerapan Inaportnet pada 32 pelabuhan, 32 Badan Usaha Pelabuhan, dan 14 Distrik Navigasi.

Langkah yang dilakukan

Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (26/4).
Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (26/4). (ANTARAFOTO/Dhemas Reviyanto)

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Laut akan memastikan penerapan Inaportnet di 32 pelabuhan–yang baru ditambahkan–pada tahun ini berjalan dengan baik.

Beberapa hal yang dilakukan antara lain memberikan pelatihan (training of trainers/TOT) kepada para operator dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas pelabuhan (KSOP) dan Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) untuk tahap awal pada Maret 2022, melakukan serangkaian uji coba–infrastruktur–sistem Badan Usaha Pelabuhan (BUP), system integration test (SIT), dan melakukan sosialisasi ke pengguna jasa mulai September 2022.

Selain itu, Menhub juga menginstruksikan para Kepala KSOP, UPP, Distrik Navigasi, BUP, dan stakeholder terkait untuk mulai menerapkan Inaportnet di masing-masing wilayah kerja dan melakukan monitoring serta evaluasi penerapannya. Kemudian, mempersiapkan layanan pengaduan, baik secara luring maupun daring.

Inaportnet

Aktivitas bongkar muat di Terminal Peti Kemas Makassar yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (20/9/2021).
ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/rwa.

Related Topics