NEWS

Kemenparekraf Dorong UMKM Warteg Naik Kelas, Rambah ke Pasar Global

Uji petik diperlukan untuk memilih UMKM warteg terbaik.

Kemenparekraf  Dorong UMKM Warteg Naik Kelas, Rambah ke Pasar GlobalIlustrasi Warteg Kharisma Bahari/Dok. franchiseglobal
12 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendorong keberadaan Warung Tegal (Warteg) semakin eksisis hingga merambah pasar global guna membangkitkan ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan  beberapa Upaya tengah dilakukan Kemenparekraf, seperti program Spice Up The World. “Warteg ini akan kami ikut sertakan pada kegiatan ke luar negeri. Harapannya pada kunjungan berikutnya warteg ini bisa dibuka di New York, Jerman, dan banyak juga permintaan di Timur Tengah ini yang akan kita fasilitasi, karena Tegal jni punya semangat wirausaha yang tinggi,” ujarnya seperti dikutip dari laman Kemenparekraf, Senin (12/6).

Hal ini merupakan bagian upaya pemerintah dalam penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas pada tahun 2024. Dengan terbukanya peluang untuk masuk dalam pasar global, maka Warteg bisa makin dikenal luas dan membawa kemaslahatan bagi tenaga kerja asal Indonesia.

Sebelumnya, Sandiaga menyampaikan bahwa Spice Up The World merupakan program unggulan pemerintah Indonesia untuk menguatkan kapasitas usaha restoran Indonesia di mancanegara. "Lewat program ini potensi kuliner Indonesia yang beraneka ragam akan kami promosikan semaksimal mungkin agar kuliner Indonesia bisa semakin mendunia serta membangkitkan ekonomi dan juga membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat kita," katanya.

Uji petik

Menteri Sandiaga Uno di Tegal.
Menteri Sandiaga Uno di Tegal. (dok. Kemenparekraf)

Gagasan membawa Wareg mendunia bakal dilanjutkan dengan uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif), pada sektor unggulan daerah yang terpilih dan berkembang, untuk bisa mengikuti program akselerasi. Dengan demikian, ekonomi kreatif Indonesia akan semakin kuat dan berkontribusi besar pada penerimaan negara.

“Kota Tegal bisa segera melakukan uji petik agar memiliki subsektor ekonomi kreatif unggulan dan subsektor penopang. Para pelaku UMKM di Tegal harus terus termotivasi untuk meningkatkan omzet dari usahanya. Mulai dari yang jamu, juga usaha-usaha kuliner termasuk warteg hingga makanan olahan laut,” ujarnya. 

Spice Up The World

Spice Up The World.
Spice Up The World. (dok. Kemenparekraf)

Related Topics