NEWS

Lombok Gelar WSBK Mandalika 2022 Seiring Peningkatan Pariwisata NTB

Perekonomian provinsi tersebut tumbuh 7,10 persen.

Lombok Gelar WSBK Mandalika 2022 Seiring Peningkatan Pariwisata NTBKeindahan panorama di Sirkuit Mandalika, Lombok. (ShutterStock/Hariadi Mahsyar)
09 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Sirkuit Mandalika, Lombok, kembali bersiap menggelar rangkaian ajang balap motor World Superbike (WSBK) 2022 pada 11-13 November 2022. Perhelatan ini diadakan seiring dengan peningkatan ekonomi provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dari kontribusi sektor pariwisata.

Ahli Madya Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, Arief Chandra Setiawan, mengatakan perekonomian NTB tumbuh 7,10 persen pada triwulan III-2022 dari periode yang sama pada 2021. Subsektor akomodasi dan makan minum tumbuh signifikan hingga 38,79 persen. Lapangan usaha pada sektor tersebut melonjak karena peningkatan jumlah tamu menginap di hotel hingga 85,42 persen dengan rerata hunian naik 19,64 persen secara tahunan pada triwulan III-2022.

Menurut Arief, hal tersebut terjadi menyusul kian longgarnya pembatasan masyarakat sehingga permintaan penyediaan makan minum ikut terkerek. “Beberapa ajang kuliner juga banyak diselenggarakan pada triwulan III-2022,” katanya dalam keterangan, Rabu (9/11).

Akomodasi yang terisi

Salah satu gelaran World Superbike/WSBK.
Salah satu gelaran World Superbike/WSBK. (xboxygen.com)

Peningkatan juga didukung oleh event WSBK Mandalika 2022 yang akan segera berlangsung. Hunian pun mulai dipenuhi para penonton yang bakal menyaksikan ajang motor bergengsi tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, H Lendek Jayadi, mengatakan tingkat hunian hotel di Lombok Tengah telah mencapai 71 persen. Sementara, khusus di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, jumlah kamar hotel yang telah dipesan mencapai lebih dari 800. “Total kamar hotel di KEK Mandalika sebanyak 1.302 kamar,” katanya.

Sementara, total kamar hotel dan homestay di Lombok Tengah mencapai 3.527 unit. Meski jumlah okupansi hunian ini diperkirakan akan terus meningkat menjelang WSBK Mandalika 2022, tapi Lendek memastikan tarif hotel akan tetap stabil demi mendongkrak kunjungan wisatawan.

Kegiatan pendukung

Pantai Kuta Mandalika. Shutterstock/Cahyadi Sugi

Related Topics