NEWS

Dinamika Penduduk, Pengertian dan Faktor yang Memengaruhi

Dinamika penduduk bisa menjadi indikator masalah penduduk.

Dinamika Penduduk, Pengertian dan Faktor yang Memengaruhiilustrasi ledakan penduduk (unsplash.com/Joseph Chan)
11 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa salah satu keunggulan negara-negara di kawasan ASEAN adalah bonus demografi. Hal ini tak lepas dari dinamika penduduk yang terjadi di tiap negara.

Dinamika penduduk berhubungan dengan setiap pergerakan jumlah penduduk di sebuah wilayah dalam kurun waktu tertentu. Badan Pusat Statsistik mendefinisikan penduduk sebagai semua orang yang berdomisili di wilayah geografis Republik Indonesia selama 6 bulan atau lebih dan atau mereka yang berdomisili kurang dari 6 bulan tetapi bertujuan untuk menetap.

Keberadaan penduduk yang terdiri dari berbagai macam latar belakang menimbulkan banyak dampak, mulai dari masalah kependudukan, sosial, sampai tingkat kriminalitas. Semua keragaman itu akan memengaruhi pertumbuhan dan pergerakan penduduk di dalam suatu wilayah.

Oleh sebab itu, dinamika penduduk adalah salah satu hal yang penting untuk dipahami, apalagi berkaitan dengan banyak sektor lain di sebuah negara. Menyadur dari Gramedia, berikut ini adalah ulasan tentang dinamika penduduk, termasuk faktor penentunya.

Pengertian

Ledakan Penduduk
ilustrasi ledakan penduduk (unsplash.com/Adrian Pranata)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dinamika penduduk adalah suatu pergerakan dan pertumbuhan orang atau orang-orang yang dipengaruhi berbagai macam hal yang terjadi di suatu wilayah dan terjadi dari waktu ke waktu.

Setiap wilayah pasti memiliki dinamika yang berbeda-beda, sesuai dengan karakteristik wilayah itu sendiri. Oleh sebab itu, dinamika itu kerap memunculkan keragaman di setiap daerah, ada wilayah yang pertumbuhan penduduknya tidak begitu cepat, sehingga bisa menyebabkan kekurangan penduduk. Namun, ada juga yang penduduknya cukup padat, sehingga masalah di berbagai sektor, seperti kesehatan, pekerjaan, dan lainnya lebih beragam.

Oleh sebab itu, setiap wilayah harus memiliki data kependudukan yang baik dan jelas agar pertumbuhan suatu wilayah bisa berjalan dengan optimal dan mudah untuk menemukan solusi dari permasalahan yang sedang terjadi. Beberapa sumber data kependudukan bisa didapatkan dari sensus penduduk, registrasi penduduk, atau survei penduduk.

Faktor dinamika penduduk

Ledakan Penduduk
ilustrasi ledakan penduduk (unsplash.com/Joshua Watson)

Related Topics