NEWS

Mengenal Mindfulness dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental

Mindfulness fokus pada apa yang terjadi pada diri.

Mengenal Mindfulness dan Manfaatnya Bagi Kesehatan MentalIlustrasi keseimbangan. (Pixabay/Lars Nissen)
02 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Kehidupan yang semakin kompleks dapat memicu stres dan membahayakan kesehatan mental seseorang. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menerapkan sebuah teknik untuk berfokus pada kejadian yang tengah berlangsung, yang biasa disebut mindfulness.

Selain meditasi, saat ini banyak orang menerapkan mindfulness untuk mendukung kesehatan mentalnya, terutama saat tekanan dari berbagai hal menyerang secara psikologis. Dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, semakin banyak orang yang menyadari pentingnya memikirkan kesehatan mental, selain kondisi kesehatan fisiknya.

Tekanan tidak hanya datang dari pekerjaan. Situasi rumah tangga, hubungan sosial, hingga media digital dapat membuat seseorang stres dan berdampak ke banyak faktor pada hidupnya. Berikut ulasan tentang apa itu mindfulness dan manfaatnya bagi kesehatan mental.

Pengertian

Praktik Mindfulness.
Praktik Mindfulness. (Pixabay/Shahariar Lenin)

Melansir Mayo Clinic, mindfulness merupakan teknik meditasi yang membuat Anda jadi lebih berkonsentrasi dengan indera dan perasaan yang muncul pada saat ini, tanpa ada penafsiran atau anggapan apa pun. Dengan melakukan mindfulness, Anda bisa menjauhkan pikiran dari hal-hal yang memicu stres atau depresi dan bisa lebih terlibat pada situasi atau aktivitas yang berlangsung di sekitar.

Sekilas, makna dari teknik ini terasa abstrak, namun metode ini sangat layak untuk dicoba untuk menenangkan diri. Perlu diingat, stres dalam skala yang makin parah dapat memicu kondisi lain yang membahayakan, seperti depresi, bahkan dapat memengaruhi kondisi fisik.

Metode mindfulness dimulai dan berakhir pada tubuh Anda. Dengan demikian, Anda akan terbantu untuk mengalihkan perhatian dari jenis pemikiran negatif, yang berpotensi merusak diri lebih buruk lagi.

Beda mindfulness dari meditasi

Ilustrasi Work form Everywhere.
Ilustrasi Work form Everywhere. (Shutterstock/PhotoSunnyDay)

Related Topics