NEWS

4 Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Mental di Masa Pensiun

Memasuki masa pensiun bukan berarti masalah hidup selesai.

4 Kebiasaan Untuk Menjaga Kesehatan Mental di Masa PensiunIlustrasi perencanaan dana pensiun. Shutterstock/ITTIGallery
15 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Masa pensiun harus direncanakan dengana baik agar tidak menghalangi produktifitas dan membuat stres. Kondisi ini memiliki tantangannya sendiri, termasuk kesehatan mental.

Tak sekedar berhenti bekerja, masa pensiun bisa memunculkan banyak anak masalah lain yang mempengaruhi kehidupan para pekerja. Itulah sebabnya, perusahaan biasanya menyediakan program persiapan masa pensiun, agar pekerja tak kaget dan sudah memiliki persiapan–baik mental maupun fisik–saat memasuki usia pensiun.

Mengutip Fortune.com, berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan untuk membantu mental kita tetap terjaga, sekalipun memasuki masa pensiun.

1. Mengusahakan untuk bisa selalu terhubung

Ilustrasi para penerima jaminan hari tua.
Ilustrasi para penerima jaminan hari tua. (ShutterStock/PhotoIris2021)

Seorang ahli bedah Amerika Serikat (AS), Dr. Vivek Murthy memiliki misi membantu penduduk Amerika menemukan dan memelihara hubungan sosial. Menghabiskan terlalu banyak waktu terisolasi dan terputus dari orang lain dapat benar-benar memukul kesehatan seseorang, termasuk peningkatan 50 persen risiko demensia untuk orang berusia lanjut.

Kenyataannya, banyak lansia, atau mereka yang berusia lebih dari 60 tahun, justru mengalami pembatasan dan terisolasi dari lingkungan sosialnya. Padahal, banyak yang bisa dilakukan di masa pensiun, apalagi dengan kondisi tubuh yang masih sehat. Berkumpul bersama teman-teman masa kecil, mengikuti kelas seni atau filsafat, sampai berolahraga bersama rekan-rekan di masa kerja, mungkin bisa jadi pilihan terbaik untuk dilakukan dan menikmati masa pensiun.

2. Jangan berhenti bergerak

Ilustrasi masa tua.
Ilustrasi masa tua. (Pixabay/NoName_13)

Related Topics