NEWS

Presiden Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas jadi MenpanRB

Azwar Anas punya sejumlah prestasi sekaligus isu tak sedap.

Presiden Jokowi Lantik Abdullah Azwar Anas jadi MenpanRBAbdullah Azwar Anas saat dilantik menjadi MenpanRB. (Tangkapan layar)
07 September 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) dalam sisa masa jabatan 2019-2024, pada Rabu (7/9). Azwar dilantik menggantikan MenpanRB, Tjahjo Kumolo yang wafat pada Juni lalu. 

Pelantikan ini dilaksanakan berdasar pada Surat Keputusan Presiden RI Nomor 91/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” begitulah bunyi sumpah jabatan MenpanRB yang didiktekan Presiden Jokowi.

Sekilas profil Abdullah Azwar Anas

Jokowi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai MenpanRB yang baru.
Jokowi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai MenpanRB yang baru. (dek. Setkab)

Abdullah Azwar Anas baru saja diangkat menjadi MenpanRB menggantikan Tjahjo Kumolo. Meski baru pertama kali menjabat Menteri, namun Azwar Anas bukanlah orang baru dalam jajaran pemerintahan dan perpolitikan di Indonesia.

Azwar Anas sebelumnya diketahui menjabat sebagai Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) sejak 13 Januari 2022. Ia juga pernah menjabat Bupati Banyuwangi selama dua periode, yakni pada 2010-2015 dan 2016-2021.

Azwar tercatat pernah menjadi anggota MPR dan DPR, bahkan yang termuda di tahun 1997 dalam usia 24 tahun. Azwar Anas adalah politisi dari PDI Perjuangan, meski sebelumnya ia aktif sebagai anggota Parta Kebangkitan Bangsa.

Pria kelahiran Banyuwangi, 6 Agustus 1973 ini memiliki latar belakang pendidikan Teknologi Pendidikan di IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Jakarta–sekarang Universitas Negeri Jakarta–dan Fakultas Sastra Universitas Indonesia.

Ia melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI. Azwar cukup aktif dalam organisasi Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan menjabat Ketua Umum pada 2000-2003.

Prestasi sebagai Bupati Banyuwangi

Kepala LKPP, Abdullah Azwar Anas.
Kepala LKPP, Abdullah Azwar Anas. (Tangkapan layar)

Related Topics