NEWS

Jokowi Sampaikan 3 Pandangan di Sidang UNESCAP

Terkait isu sosial ekonomi yang berkembang di Asia Pasifik.

Jokowi Sampaikan 3 Pandangan di Sidang UNESCAPPresiden Jokowi berpidato pada Sidang Komisi Ke-78 United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP), secara virtual dari Istana Merdeka Jakarta, Senin (23/5). (dok. Setkab)
24 May 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi), menyampaikan sejumlah pandangan berbagai isu sosial dan ekonomi yang berkembang di kawasan Asia Pasifik, dalam Sidang United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP).

Jokowi mengapresiasi dukungan dan kontribusi yang dilakukan UNESCAP selama ini, terutama dengan negara berkembang. “Dengan bekerja bersama, kita dapat mempercepat pemulihan kawasan dan dunia menuju masa depan berkelanjutan. Recover Together, Recover Stronger,” ujarnya pada Pembukaan Sidang Komisi UNESCAP, Senin (23/5).

Jokowi juga mengaitkan pandangannya dengan presidensi G20 yang sedang diemban Indonesia. Menurutnya, Indonesia akan memperjuangkan kepentingan negara berkembang, terutama di bidang kesehatan, transformasi digital, dan transisi energi. 

1. Kesenjangan vaksinasi di Asia Pasifik

Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. (dok. Setkab)

Jokowi berpandangan bahwa penanganan pandemi harus terus dilakukan, salah satunya dengan menutup kesenjangan vaksinasi yang terjadi di kawasan Asia Pasifik. Pasalnya, negara dengan pencapaian vaksinasi tertinggi sekaligus terendah berada kawasan Asia Pasifik.

Penghapusan kesenjangan vaksinasi, menurutnya penting, karena vaksinasi dapat menentukan reaktivasi ekonomi nasional dan konektivitas dengan perekonomian dunia.

“UNESCAP dapat mendukung terbentuknya jaringan fasilitas produksi dan distribusi vaksin regional, mengatasi tantangan logistik, dan mempersingkat rantai pasok,” ucapnya.

2. Pendanaan pembangunan berkelanjutan

Kawasan Asia Pasifik.
Kawasan Asia Pasifik. (Picryl)

Related Topics