NEWS

Meski Belum Masuk RI, Kemenkes Minta Subvarian Baru Omicron Diwaspadai

Subvarian tersebut, antara lain XE, XD, dan XF.

Meski Belum Masuk RI, Kemenkes Minta Subvarian Baru Omicron DiwaspadaiIlustrasi Omicron. (Pixabay/BelnderTimer)
13 April 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, meminta masyarakat mewaspadai penyebaran subvarian Omicron Covid-19, XE, XD, dan XF, meski varian ini belum muncul di Indonesia.

“Ini (seharusnya) tetap jadi kewaspadaan kita, bahwa walaupun dikatakan lebih cepat menular dibandingkan varian Omicron dan data yang ada sampai saat ini belum memadai, sebagai bagian dari mitigasi mudik, varian ini jadi perhatian kita bersama,” ujar Nadia seperti terpantau dari kanal YouTube Kemenkes, Rabu (13/4).

Untuk mengantisipasi kemunculan varian baru Covid-19, sekaligus bagian dari mitigasi mudik Lebaran 2022, pemerintah terus mendorong vaksinasi dosis lengkap dan booster bagi masyarakat. “Kita siapkan diri kita untuk menghadapi mudik kali ini, supaya mudiknya menjadi aman, nyaman, dan tentunya kita akan selamat dari situasi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Subvarian Omicron terbaru

Virus Covid-19.
Virus Covid-19. (Pixabay)

Subvarian XE adalah gabungan genetik dari subvarian BA.1 dan BA.2. Sedangkan subvarian XD merupakan penggabungan Delta AY.4 dan Omicron BA.1. Adapun subvarian XF baru ditemukan di Inggris dengan kasus yang masih sangat sedikit.

“Hingga saat ini, di Inggris sudah ada 763 kasus XE,” ujar Nadia yang menambahkan bahwa karakteristik XE lebih cepat menular. “Tapi belum cukup bukti epidemiologis untuk memperlihatkan perubahannya di masyarakat.”

Varian Omicron telah menggeser posisi varian Delta di Indonesia. Hal ini didapat berdasarkan hasil pemeriksaan 9.385 genom sekuensing sejak Januari 202, yang meningkat lima kali lipat dibanding pekan ke-13 2021.

“Secara nasional, varian Omicron mendominasi, berdasarkan peningkatan proporsi dari subvarian BA.2. Sementara varian delta sudah semakin turun distribusinya di Indonesia,” ujarnya.

Distribusi vaksin di posko mudik lebaran

Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3).
Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi dosis ketiga Covid-19 atau booster di Mall Botania Dua, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (24/3). (ANTARAFOTO/Teguh)

Related Topics