NEWS

Genjot Produksi Migas, Jokowi Dorong Pemanfaatan Digitalisasi

Pertamina bertugas memproduksi 70% minyak Indonesia.

Genjot Produksi Migas, Jokowi Dorong Pemanfaatan DigitalisasiBlok Rokan. (Tangkapan layar)
06 January 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan optimalisasi digitalisasi dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan produksi minyak dan gas (migas), khususnya oleh Pertamina.

Hal ini ia sampaikan ketika meninjau kawasan Blok Rokan di Dumai yang kini dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan, setelah sebelumnya diambil alih dari PT Chevron Pasific Indonesia (CPI). “Saya lihat tadi sudah mulai pergerakan setiap alat-alat berat, alat-alat pengeboran yang ada sudah dimonitor dengan monitor digital. Ini yang baik,” ujarnya dikutip dari laman setpres, Jumat (6/1).

Bila pengelolaan berbasis digital ini berhasil, Jokowi meminta pengelolaan blok lainnya bisa mengikuti blok Rokan. Ia yakin Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia mampu melakukan hal tersebut. “Kalau ini nanti berhasil, saya minta juga Blok Mahakam juga dikelola dengan manajemen yang sama,” katanya.

Peningkatan

Presiden Jokowi tinjau kawasan PT Pertamina Hulu Rokan di Dumai, Riau, Kamis (5/1).
Presiden Jokowi tinjau kawasan PT Pertamina Hulu Rokan di Dumai, Riau, Kamis (5/1). (dok. Setpres)

Jokowi mengklaim produksi PT Pertamina Hulu Rokan meningkat. “Dari yang dulu waktu dikelola Chevron enggak turun-turun, sekarang sudah mulai naik dari 156-158 ribu barel per hari menjadi 166 ribu barel per hari. Tetapi yang kita inginkan adalah sebuah peningkatan yang lipat,” ujarnya.

Meski membutuhkan investasi yang tak sedikit, Jokowi menginginkan lifting minyak terjaga dan tidak menurun. Hal ini demi menghindari ketergantungan pada impor, karena Indonesia masih punya banyak sumur yang produktif dan masih bisa dikelola sendiri.

Peningkatan lifting minyak

Presiden Jokowi mengunjungi kawasan PT Pertamina Hulu Rokan.
Presiden Jokowi mengunjungi kawasan PT Pertamina Hulu Rokan. (Tangkapan layar)

Related Topics