NEWS

Wapres Ungkap 3 Langkah Siapkan ASN Hadapi Birokrasi di Masa Depan

Sistem birokrasi berkualitas bisa tarik investasi bagi RI.

Wapres Ungkap 3 Langkah Siapkan ASN Hadapi Birokrasi di Masa DepanIlustrasi ASN. (dok. Diskominfo lampung)
06 October 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan, ada tiga langkah strategis yang perlu diterapkan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menghadapi tantangan birokrasi Indonesia di masa depan.

Hal ini dibutuhkan untuk meningkatkan peran KASN untuk menata birokrasi pada pada lingkungan strategis internasional, nasional dan daerah yang berubah dengan dinamis.

“Selain untuk meningkatkan pelayanan publik bagi rakyat, kita juga harus menata birokrasi agar berkontribusi terhadap perbaikan indikator Indonesia di mata komunitas internasional sebagai daya tarik investasi ke Indonesia,” kata Ma’ruf dalam acara Pemberian Anugerah Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2021 dan Launching Sistem lnformasi Jabatan Pimpinan Tinggi (SIJAPTI) 4.0, Kamis (6/10).

Oleh karena itu, acara seperti Pemberian Anugerah Pengisian JPT diperlukan untuk memotivasi birokrat dan ASN menjadi lebih baik ke depannya. “Sebagai momentum pendorong akselerasi dan evaluasi untuk mewujudkan SDM (Sumber Daya Manusia) ASN berkelas dunia sebagaimana diamanatkan Undang-Undang,” katanya.

1. Merumuskan ekosistem seleksi yang adaptif

Wapres Ma\'ruf Amin saat sampaikan 3 langkah strategis wujudkan ASN yang siap hadapi tantangan birokrasi masa depan.
Wapres Ma'ruf Amin saat sampaikan 3 langkah strategis wujudkan ASN yang siap hadapi tantangan birokrasi masa depan. (Dok. Setwapres)

Langkah pertama, menurut Ma’ruf, adalah merumuskan ekosistem seleksi kepemimpinan ASN yang adaptif guna membangun pemimpin publik yang transformatif. Sistem ini diyakini mampu memunculkan talenta-talenta SDM yang mumpuni dan berdaya saing tinggi.

“Dengan ekosistem yang baik, akan lahir pemimpin yang memiliki ide visioner, sekaligus mampu melakukan eksekusi kebijakan dan langkah-langkah konkret dalam menjawab tantangan pembangunan,” kata Wapres.

2. Merancang strategi nasional terpadu

Wapres Ma\'ruf Amin (kanan).
Wapres Ma'ruf Amin (kanan). (Dok. Setwapres)

Related Topics