NEWS

5 Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Mudik Lebaran

Mobil dan motor perlu perawatan setelah perjalanan jauh.

5 Cara Merawat Mobil atau Motor Setelah Mudik Lebaranilustrasi mudik menggunakan kendaraan pribadi (unsplash.com/serjan midili)
28 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Cara merawat mobil atau motor setelah mudik Lebaran sangat penting agar kendaraan tetap dalam performa yang prima. Menggunakan kendaraan pribadi saat mudik Lebaran menjadi pilihan karena mudik merupakan budaya tak terpisahkan.

Banyak orang rela menempuh ratusan kilometer demi mempererat silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman. Tidak hanya dengan transportasi umum, seperti pesawat, kereta dan kapal laut, masyarakat juga kerap mudik dengan kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor.

“Sebelum atau setelah perjalanan jauh seperti mudik, kendaraan harus dirawat ekstra agar performa makin optimal. Data internal Tokopedia mencatat, selama periode Ramadan 2023, Otomotif menjadi salah satu kategori yang paling populer,” ujar Associate Vice President of Category Development Tokopedia, Fransiscus Leo Chandra, dalam keterangan resmi, Jumat (28/4).

Data tersebut menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat mempersiapkan kendaraan mereka dalam menghadapi mudik, baik untuk pergi dan pulang. 

Untuk itu, Tokopedia memberikan panduan cara merawat mobil atau motor setelah mudik Lebaran yang bisa Anda lakukan agar performa kendaraan agar tetap optimal setelah menempuh perjalanan jauh mudik Lebaran.

1. Periksa tekanan ban

Selama mudik, masyarakat biasanya menemukan beragam kondisi jalan. “Kondisi jalan yang kita lalui selama mudik tentu mempengaruhi kondisi ban dan roda kendaraan. Jadi, periksalah tekanan ban apakah masih sesuai dengan standar terutama setelah jalan jauh seperti mudik Lebaran,” ungkap Leo.

Salah satu penjual di Tokopedia, Ottoban Indonesia, menambahkan tips merawat ban. “Tekanan ban yang tidak sesuai dapat mempengaruhi handling, efisiensi bahan bakar dan usia ban. Selain itu, pada cuaca panas, tekanan ban cenderung naik,” kata Head of Retail Development Ottoban Indonesia, Kevin Sulaeman.

Cara merawat mobil atau motor setelah mudik Lebaran yang tak kalah penting adalah melakukan rotasi ban untuk memperpanjang umur pemakaian ban dan menghindari keausan ban yang tidak merata.

2. Periksa rem dan onderdil kendaraan

Sebagai komponen yang menjaga laju dan menopang kondisi kendaraan, rem dan onderdil kendaraan–seperti shockbreaker, per dan tie rod end–patut dicek kondisinya termasuk setelah perjalanan jauh mudik Lebaran. 

Memastikan tidak ada kerusakan signifikan yang dapat mengurangi performa kendaraan juga menjadi cara merawat mobil atau motor setelah mudik Lebaran.

“Jika terjadi kerusakan, masyarakat dapat membeli onderdil resmi melalui penjual di Tokopedia, seperti Astra Otoparts, yang menawarkan pembelian sparepart dengan diskon hingga 60 persen. Tokopedia melihat rata-rata transaksi produk onderdil, baik untuk motor maupun mobil, meningkat hampir 1,5 kali lipat selama Ramadan kali ini,” kata Leo.

Related Topics