NEWS

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu dan Cara Menghindarinya

Ketahui ciri lowongan kerja palsu dan cara menghindarinya.

Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu dan Cara MenghindarinyaIlustrasi pekerjaan pandemi. (Pixabay/Comfreak)
22 December 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Ciri-ciri lowongan kerja palsu harus diketahui apabila Anda sedang dalam proses mencari pekerjaan. Sebab dalam mencari pekerjaan, tentu banyak rintangan yang mungkin tak pernah diduga sebelumnya. Ada berbagai kerikil yang harus dilewati sampai akhirnya berhasil mendapatkan pekerjaan impian. 

Tak hanya itu, banyaknya pencari kerja yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan, banyak pula oknum-oknum yang memanfaatkan momen tersebut untuk mengambil keuntungan dengan cara yang tidak baik.

Oleh karena itu, ciri-ciri lowongan kerja palsu penting untuk diketahui agar para jobseeker tidak mengalami kerugian baik waktu maupun materi. Melansir Skill Academy, berikut ciri-ciri lowongan kerja palsu agar tetap waspada.

1. Persyaratan terlalu mudah

Pernahkah Anda menemukan lowongan kerja dengan syarat yang tidak masuk akal? Tanpa tes, menerima semua jenjang pendidikan, tidak butuh pengalaman kerja, bahkan langsung diterima dan dapat bekerja esok harinya. Ini adalah salah satu tanda kalau lowongan tersebut adalah palsu.

Perusahaan asli membutuhkan setidaknya 1-2 minggu untuk proses rekrutmen. Selain itu, perusahaan juga memiliki requirements yang spesifik dan jelas ketika mengunggah iklan lowongan pekerjaan. Mereka menyaring kandidat berdasarkan skill, pengalaman, kompetensi, dan latar belakang pendidikan yang dimiliki.

Oleh karena itu, setiap perusahaan tentu ingin mendapatkan kandidat terbaik dan sesuai kualifikasi yang mereka butuhkan. Apabila Anda menemukan lowongan kerja yang mencantumkan persyaratan kerja yang terlalu umum dan mudah, maka Anda patut untuk curiga bahwa lowongan tersebut palsu. 

2. Melamar dari situs karier resmi perusahaan

Untuk menghindari penipuan, dan melamar ke lowongan yang pasti benar, Anda bisa melamar lewat situs karier resmi perusahaan yang bersangkutan. Misalnya, Anda ingin melamar ke Ruangguru, maka Anda bisa cek di career.ruangguru.com.

Anda akan memperoleh informasi lengkap berupa posisi yang sedang dibutuhkan, kualifikasi, bahkan dapat langsung mengirimkan CV melalui situs tersebut. Kamu juga bisa melamar melalui LinkedIn perusahaan, biasanya perusahaan mengunggah info lowongan kerja terbaru di sana.

Related Topics