NEWS

Ini Isi Lengkap Deklarasi KTT G20 Bali, Ada Poin Soal Rusia-Ukraina

Isi lengkap Deklarasi KTT G20 Bali total 1186 halaman.

Ini Isi Lengkap Deklarasi KTT G20 Bali, Ada Poin Soal Rusia-UkrainaPresiden Joko Widodo memberikan sambutan pada Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) yang digelar di Hotel The Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Selasa (15/11). (Dok. Biro Setpres)
18 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Konferensi Tingkat Tinggi Group of Twenty (KTT G20) Bali sudah usai. Para pemimpin dunia telah berkumpul menyepakati deklarasi G20 Bali. Deklarasi ini memuat poin yang dihasilkan lewat diskusi alot, yakni soal perang Rusia versus Ukraina. Bagaimana isi lengkap deklarasi KTT G20 Bali?

"Diskusi mengenai hal ini berlangsung sangat alot sekali dan akhirnya para pemimpin G20 menyepakati isi deklarasi, yaitu condemnation (kecaman) perang di Ukraina karena telah melanggar batas wilayah, melanggar integritas wilayah," kata Jokowi dalam konferensi pers, Rabu (16/11).

Deklarasi KTT G20 Bali terdiri atas 52 paragraf. Paragraf yang dihasilkan lewat diskusi pelik adalah poin nomor 3 soal kondisi geopolitik Ukraina versus Rusia. Istilah yang digunakan tergolong lugas, yakni 'agresi Rusia' dan memuat seruan agar Rusia menarik pasukannya dari Ukraina.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI mengumumkan isi Deklarasi ini di situs resminya dalam bahasa Inggris. Ada lima poin yang disampaikan langsung di laman situs, dan versi lengkap yang memuat 52 paragraf dan keterangan lain dengan total 1186 halaman ada dalam tautan dokumen PDF. Berikut ini isi lima poin Deklarasi KTT G20 Bali dalam terjemahan bahasa Indonesia.

Isi deklarasi KTT G20 Bali poin 1-5

Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali

Bali, Indonesia, 15-16 November 2022

1. Empat belas tahun yang lalu, para pemimpin G20 bertemu untuk pertama kalinya, menghadapi krisis keuangan yang paling parah selama generasi kita. Sebagai pihak ekonomi global yang besar, kami mengakui bahwa secara kolektif kami memikul tanggung jawab dan bahwa kerja sama kami diperlukan untuk pemulihan ekonomi global, untuk mengatasi tantangan global, dan meletakkan dasar yang kuat, berkelanjutan, seimbang,

dan pertumbuhan inklusif. Kami menetapkan G20 sebagai forum utama untuk kerja sama ekonomi global, dan hari ini kami menegaskan kembali komitmen kami untuk bekerja sama saat sekali lagi kami membahas tantangan ekonomi global yang serius.

2. Kami bertemu di Bali pada 15-16 November 2022, pada saat krisis multidimensi yang tak tertandingi berlangsung. Kita telah mengalami kehancuran akibat pandemi COVID-19, dan tantangan lainnya termasuk perubahan iklim, yang telah menyebabkan kelesuan ekonomi, meningkatnya kemiskinan, memperlambat pemulihan global, dan menghambat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

3. Tahun ini, kita juga menyaksikan perang di Ukraina yang berdampak lebih buruk terhadap ekonomi global. Ada diskusi tentang masalah ini. Kami menegaskan kembali posisi nasional kami sebagaimana diungkapkan dalam forum lain, termasuk Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB, yang dalam Resolusi No. ES-11/1 tanggal 2 Maret 2022, sebagaimana diadopsi oleh suara mayoritas (141 suara setuju, 5 menentang , 35 abstain, 12 absen) sangat menyesalkan agresi Federasi Rusia terhadap Ukraina dan menuntut penarikan penuh dan tanpa syarat dari wilayah Ukraina. Sebagian besar anggota mengecam keras perang di Ukraina dan menekankan hal itu menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa dan memperburuk kerentanan yang ada dalam ekonomi global - menghambat pertumbuhan, meningkatkan inflasi, mengganggu rantai pasokan, meningkatkan kerawanan energi dan pangan, dan meningkatkan risiko stabilitas keuangan. Ada pandangan lain dan penilaian berbeda terhadap situasi dan sanksi. Menyadari bahwa G20 bukanlah forum untuk menyelesaikan masalah keamanan, kami mengakui bahwa masalah keamanan dapat memiliki konsekuensi yang signifikan bagi ekonomi global.

4. Sangat penting untuk menegakkan hukum internasional dan sistem multilateral yang menjaga perdamaian dan stabilitas. Ini termasuk membela semua Tujuan dan Prinsip yang diabadikan dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dan mematuhi hukum humaniter internasional, termasuk perlindungan warga sipil dan infrastruktur dalam konflik bersenjata. Penggunaan atau ancaman penggunaan senjata nuklir tidak dapat diterima. Penyelesaian konflik secara damai, upaya mengatasi krisis, serta diplomasi dan dialog, sangat penting. Zaman sekarang tidak boleh perang.

5. Pada saat krisis ekonomi global saat ini, G20 harus mengambil tindakan yang nyata, tepat, cepat, dan perlu, menggunakan semua alat kebijakan yang tersedia. Untuk mengatasi tantangan bersama, termasuk melalui kerja sama kebijakan makro internasional dan kolaborasi nyata. Denga demikian, kami tetap berkomitmen untuk mendukung negara-negara berkembang. Khususnya negara-negara yang kurang berkembang, dan pulau kecil berkembang, dalam menanggapi tantangan global ini dan mencapai SDGs. Sejalan dengan tema Presidensi G20 Indonesia- Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat, kami akan mengambil tindakan terkoordinasi untuk memajukan agenda pemulihan global yang kuat, inklusif, dan tangguh serta pembangunan berkelanjutan yang menghasilkan lapangan kerja dan pertumbuhan. Dengan Tetap gesit dan fleksibel dalam respons dan kerja sama kebijakan ekonomi makro kami. Kami akan melakukan investasi publik dan reformasi struktural, mempromosikan investasi swasta, danmemperkuat perdagangan multilateral dan ketahanan rantai pasokan global, untuk mendukung jangka panjang pertumbuhan, transisi yang berkelanjutan dan inklusif, hijau dan adil. Kami akan memastikan jangka panjang
kesinambungan fiskal, dengan bank sentral kami berkomitmen untuk mencapai stabilitas harga.

- Melindungi stabilitas ekonomi makro dan keuangan dan tetap berkomitmen untuk menggunakan semuanya alat yang tersedia untuk memitigasi risiko penurunan, mencatat langkah-langkah yang diambil sejak Global
Krisis Keuangan untuk memperkuat ketahanan keuangan dan mempromosikan keuangan berkelanjutan dan aliran modal.

- Mengambil tindakan untuk mempromosikan ketahanan pangan dan energi dan mendukung stabilitas pasar, memberikan dukungan sementara dan terarah untuk meredam dampak kenaikan harga, memperkuat dialog antara produsen dan konsumen, serta meningkatkan perdagangan dan investasi untuk kebutuhan ketahanan pangan dan energi jangka panjang, pangan yang tangguh dan berkelanjutan,pupuk dan sistem energi.

- Membuka investasi lebih lanjut untuk negara berpenghasilan rendah dan menengah serta negara berkembang lainnya, melalui berbagai sumber dan instrumen pembiayaan yang inovatif, termasuk untuk mengkatalisasi investasi swasta, untuk mendukung pencapaian SDGs. Kami meminta Bank Pembangunan Multilateral untuk memajukan tindakan untuk memobilisasi dan menyediakan pembiayaan tambahan dalam mandat mereka, untuk mendukung pencapaian SDG termasuk melalui pembangunan berkelanjutan dan investasi infrastruktur, dan menanggapi tantangan global.

- Berkomitmen kembali untuk mempercepat pencapaian SDGs, mencapai kemakmuran untuk semua pembangunan berkelanjutan

Silakan klik tautan Kemlu RI ini untuk mengakses versi lengkap deklarasi KTT G20 Bali.

Isi deklarasi KTT G20 Bali poin 6-10

6. Kami sangat prihatin dengan tantangan terhadap ketahanan pangan global yang diperburuk oleh arus konflik dan ketegangan. Karena itu kami berkomitmen untuk mengambil tindakan mendesak untuk menyelamatkan nyawa, mencegah kelaparan dan malnutrisi, khususnya untuk mengatasi kerentanan negara-negara berkembang, dan menyerukan transformasi yang dipercepat menuju pertanian yang berkelanjutan dan tangguh dan sistem pangan dan rantai pasokan.

Kami berkomitmen untuk melindungi yang paling rentan dari kelaparan menggunakan semua alat yang tersedia untuk mengatasi krisis pangan global. Kami akan mengambil koordinasi lebih lanjut tindakan untuk mengatasi tantangan ketahanan pangan termasuk lonjakan harga dan kekurangan pangan komoditas dan pupuk secara global. Mengingat upaya G20 seperti Pertanian Global dan Program Ketahanan Pangan, kami menyambut inisiatif global, regional, dan nasional sebagai dukungan ketahanan pangan, dan khususnya perhatikan kemajuan yang dibuat oleh Sekretaris Jenderal PBB Global Crisis Response Group on Food, Energy and Finance, serta Grup Bank Dunia dan tanggapan ketahanan pangan IMF.

Kami menekankan pentingnya membangun di atas G20 Deklarasi Matera, bekerja sama untuk memproduksi dan mendistribusikan makanan secara berkelanjutan, memastikan hal itu sistem pangan berkontribusi lebih baik untuk adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim, dan berhenti dan membalikkan hilangnya keanekaragaman hayati, diversifikasi sumber makanan, mempromosikan makanan bergizi untuk semua, memperkuat rantai nilai pangan global, regional, dan lokal, serta mempercepat upaya pengurangan pangan kerugian dan pemborosan. Kami juga akan menerapkan pendekatan One Health, mengintensifkan penelitian tentang makanan sains dan teknologi, dan meningkatkan kapasitas pemangku kepentingan di sepanjang rantai pasokan pangan, khususnya perempuan, pemuda, petani kecil, dan petani marjinal serta nelayan.

7. Kami mendukung upaya internasional untuk menjaga agar rantai pasokan makanan tetap berfungsi di bawah tantangan keadaan. Kami berkomitmen untuk mengatasi kerawanan pangan dengan memastikan aksesibilitas, keterjangkauan, dan keberlanjutan pangan dan produk pangan bagi masyarakat yang membutuhkan, khususnya di negara berkembang dan negara kurang berkembang. Kami menegaskan kembali dukungan kami untuk keterbukaan, perdagangan pertanian berbasis aturan yang transparan, inklusif, dapat diprediksi, dan tidak diskriminatif berdasarkan aturan WTO. Kami menyoroti pentingnya meningkatkan prediktabilitas pasar, meminimalkan distorsi, meningkatkan kepercayaan bisnis, dan memungkinkan pertanian dan pangan perdagangan mengalir lancar. Kami menegaskan kembali perlunya memperbarui aturan perdagangan pangan pertanian global dan untuk memfasilitasi perdagangan produk pertanian dan makanan, serta pentingnya tidak memberlakukan larangan atau pembatasan ekspor pangan dan pupuk secara tidak konsisten dengan ketentuan WTO yang relevan.

Kami berkomitmen untuk pasokan yang berkelanjutan, sebagian berbasis lokal sumber pangan, serta diversifikasi produksi pangan dan pupuk untuk mendukung secara maksimal rentan terhadap gangguan rantai pasok perdagangan pangan. Kami akan menghindari dampak buruk ketahanan pangan dengan sengaja. Kami berkomitmen untuk memfasilitasi pasokan kemanusiaan untuk memastikan akses makanan dalam situasi darurat dan memanggil Negara-negara Anggota PBB dan semua pemangku kepentingan yang relevan dengan sumber daya yang tersedia untuk memberikan sumbangan dalam bentuk barang dan sumber daya untuk mendukung negara paling terpengaruh oleh krisis pangan, seperti yang dipersyaratkan dan berdasarkan kebutuhan yang dinilai oleh pemerintah dari negara-negara yang terkena dampak. Kami terus mendukung mengukir kegiatan kemanusiaan dari sanksi dan meminta semua negara untuk mendukung tujuan ini, termasuk melalui upaya saat ini di PBB. Kami akan terus memantau secara ketat keadaan ketahanan pangan dan nutrisi global.

8.Kami menyambut baik dua Perjanjian Istanbul yang ditengahi oleh Turki dan PBB yang ditandatangani pada 22 Juli 2022 dan terdiri dari Prakarsa Transportasi Gabah dan Pangan yang Aman dari Pelabuhan Ukraina (Inisiatif Butir Laut Hitam) dan Nota Kesepahaman antara Federasi Rusia dan Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Mempromosikan Pangan Rusia Produk dan Pupuk ke Pasar Dunia, pada pengiriman biji-bijian tanpa hambatan, bahan makanan, dan pupuk/input dari Ukraina dan Federasi Rusia, untuk meredakan ketegangan dan mencegah kerawanan pangan global dan kelaparan di negara-negara berkembang.

Kami menekankan pentingnya penerapan penuh, tepat waktu dan berkelanjutan oleh semua pemangku kepentingan terkait, seperti serta seruan Sekretaris Jenderal PBB untuk melanjutkan upaya ini oleh Para Pihak. Di dalam konteks kami menyoroti upaya lain yang memastikan aliran barang pertanian pangan seperti UE Solidarity Lanes dan sumbangan pupuk Rusia yang difasilitasi oleh World Food Program. Selain itu, kami mencatat berbagai inisiatif untuk mengatasi kerawanan pangan seperti inisiatif Kelompok Koordinasi Arab

9. Kami berkomitmen untuk mendukung penerapan praktik dan teknologi inovatif,
termasuk inovasi digital dalam pertanian dan sistem pangan untuk meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan selaras dengan alam dan mempromosikan mata pencaharian petani dan nelayan dan meningkatkan pendapatan, khususnya petani kecil dengan meningkatkan efisiensi, dan akses yang sama terhadap pangan rantai pasokan. Kami akan mempromosikan investasi yang bertanggung jawab dalam penelitian dan sains pertanian dan pendekatan berbasis bukti.

Kami akan terus memperkuat Pasar Pertanian Sistem Informasi (AMIS) sebagai alat peringatan dini, untuk peningkatan pangan dan pupuk/sabun transparansi pasar, mengurangi ketidakpastian pasar, dan mendukung tanggapan kebijakan yang terkoordinasi
untuk ketahanan pangan dan gizi, melalui berbagi data dan informasi yang andal dan tepat waktu

10. Kami meminta Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan Grup Bank Dunia (WBG) untuk berbagi dengan kami hasil latihan pemetaan mereka tentang kerawanan pangan, yang akan konsolidasi di masa depan dengan masukan dari para ahli teknis dan internasional lainnya yang relevan organisasi, dan akan memberikan analisis respon sistemik untuk mengatasi ketahanan pangan. Ini akan mengidentifikasi kesenjangan besar dalam respons global; memeriksa variabel makanan dan gizi dan pendanaan; mengkaji pasokan dan permintaan pupuk; dibangun di atas Pertanian G20
Sistem Informasi Pasar (AMIS); dan mengidentifikasi masalah jangka menengah yang membutuhkan lebih lanjut analisis teknis dan sistemik. FAO dan WBG akan melaporkan kembali pada Pertemuan Musim Semi 2023.

Related Topics