NEWS

Pendaftaran Beasiswa Universitas Pertamina Dibuka, Catat Syaratnya!

Beasiswa Sobat Bumi Natuna Universitas Pertamina dibuka.

Pendaftaran Beasiswa Universitas Pertamina Dibuka, Catat Syaratnya!Dok. Universitas Pertamina
12 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Beasiswa Universitas Pertamina sudah dibuka untuk program S1. Beasiswa ini merupakan upaya PT Pertamina (Persero) berkomitmen mendorong pembangunan pendidikan berkualitas melalui program Pertamina Cerdas. 

Pertamina Foundation sebagai perpanjangan tangan CSR PT Pertamina (Persero) bersama Universitas Pertamina membuka akses pendidikan bagi putra-putri Natuna lewat Beasiswa Sobat Bumi Natuna. 

Beasiswa ini akan memberikan kesempatan bagi 15 orang putra-putri Natuna untuk kuliah gratis S1 di Universitas Pertamina.

“Atas nama Pemerintah Daerah Natuna, kami mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Pertamina atas alokasi 15 putra-putri Natuna untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Universitas Pertamina. Lewat beasiswa ini, nantinya mereka mampu menjadi agen transformasi di bidang geologi dan perminyakan,” ungkap Bupati Natuna Siswandi pada keterangan pers, dikutip Jumat (12/5).

“Harapan kami juga, 15 hingga 20 tahun ke depan ada anak Natuna yang masuk di Pertamina yang dapat mengambil kebijakan atau keputusan di tatanan perminyakan nasional,” kata Siswandi.

Beasiswa yang diberikan meliputi pembebasan biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) yang dipungut di awal kuliah, pembebasan biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau uang kuliah per semester, pembebasan biaya daftar ulang, asrama, hingga bantuan biaya hidup.

“Beasiswa ini menjadi bentuk kepedulian Pertamina pada daerah perbatasan dan 3T yang sulit mendapat akses pendidikan tinggi. Program beasiswa dan kerjasama ini pertama kalinya diberikan untuk putra-putri asli Natuna dan harapannya tidak berhenti sampai di sini. Bisa terjalin kerja sama lainnya seperti pemberdayaan UMKM, inovasi sosial masyarakat setempat, dan pengembangan energi baru terbarukan lewat program kami,” kata Direktur Operasi Pertamina Foundation Yulius S. Bulo

Berikut informasi selengkapnya terkait cara dan syarat mendaftar beasiswa Universitas Pertamina

Beasiswa Universitas Pertamina - Beasiswa Sobat Bumi Natuna

Pendaftaran beasiswa ini dibuka pada tanggal 9 Mei hingga 9 Juni 2023. Sebanyak 15 penerima Beasiswa Sobat Bumi Natuna akan dipilih melalui seleksi beasiswa yang meliputi seleksi administrasi, tes potensi akademik, dan seleksi wawancara.

Persyaratan beasiswa:

  1. Putra/i asli Kabupaten Natuna dibuktikan dengan Kartu Keluarga dan KTP Orang Tua
  2. Surat rekomendasi dari kepala sekolah
  3. Rapor semester 1-5, sertifikat prestasi akademik dan non akademik
  4. Motivation letter

Pada proses pendaftaran, para peserta beasiswa diberikan kesempatan untuk memilih empat program studi di Universitas Pertamina. Terdapat enam fakultas, yakni:

  1. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, dengan program studi Teknik Geologi, Teknik Geofisika, dan Teknik Perminyakan
  2. Fakultas Teknologi Industri dengan program studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik
  3. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dengan program studi Manajemen dan Ekonomi
  4. Fakultas Perencanaan Infrastruktur dengan program studi Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan
  5. Fakultas Sains dan Ilmu Komputer dengan program studi Ilmu Kimia dan Ilmu Komputer
  6. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi dengan program studi Hubungan Internasional dan Komunikasi

Pendaftaran Beasiswa Sobat Bumi Natuna serta informasi lebih lanjut, bisa kunjungi pmb.universitaspertamina.ac.id atau media sosial resmi Pertamina Foundation dan Universitas Pertamina. Seluruh proses penyelenggaraan Beasiswa Sobat Bumi Natuna tidak dipungut biaya.

Jenis beasiswa Universitas Pertamina

Mengacu pada jenis beasiswa tahun 2022 yang tercantum dalam laman resminya, berikut deretan beasiswa Universitas Pertamina yang tersedia.

1. Beasiswa Unggulan Sekolah Nusantara Universitas Pertamina (SUN UP)

Program beasiswa Universitas Pertamina SUN UP merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Universitas Pertamina (UP) bagi siswa/i yang telah mencapai prestasi akademik yang sangat baik selama menempuh pendidikan di SMA atau setingkatnya, serta memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di Universitas Pertamina. Jenis beasiswa ini diberikan kepada siswa/i yang berasal dari sekolah-sekolah terbaik yang telah diundang oleh Universitas Pertamina berdasarkan peringkat hasil UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT.

2. Beasiswa Generasi Juara

Beasiswa ini tersedia untuk para lulusan SMA atau setara yang telah mencapai prestasi di tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional dalam berbagai kompetisi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, serta kompetisi mandiri lainnya yang diakui oleh Universitas Pertamina.

3. Beasiswa Generasi Juara Persatuan Purnawirawan POLRI

Beasiswa Generasi Juara PP POLRI (Persatuan Purnawirawan POLRI) diberikan kepada siswa/i keluarga besar Persatuan Purnawirawan POLRI lulusan tahun 2022 dan 2021 yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang sangat baik di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat.

4. Beasiswa Generasi Juara Persatuan Insinyur Indonesia (PII)

Beasiswa Universitas Pertamina khusus Beasiswa Generasi Juara PII (Persatuan Insinyur Indonesia) diberikan kepada siswa/i anggota keluarga Persatuan Insinyur Indonesia yang telah lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkatnya pada tahun 2022 dan 2021. Beasiswa ini diberikan sebagai penghargaan atas prestasi akademik maupun non-akademik yang sangat baik yang telah dicapai oleh para siswa/i tersebut.

5. Beasiswa Generasi Juara Putra-Putri Anggota TNI 

Beasiswa Putra-Putri anggota TNI diberikan kepada siswa/i keluarga besar TNI lulusan tahun 2022 dan 2021 yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik yang sangat baik di Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau Sederajat.

6. Beasiswa Kartika 

Beasiswa Kartika dengan benefit sebagai berikut: -Potongan biaya SPI sebesar 0% hingga 100 persen sesuai dengan nilai rapor 

Persyaratan: 

  • Harus menyertakan nilai rapor SMA/SMK/Sederajat semester 1 – 6;
  •  Harus menyertakan nomor anggota TNI

7. Beasiswa Karakter Unggulan

Beasiswa Karakter Unggulan diberikan kepada siswa/i yang telah lulus pada tahun 2022 dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkatnya. Beasiswa ini diberikan kepada siswa/i yang memiliki keunikan, identitas, keunggulan, pendidikan karakter, serta menjadi pembeda dan ciri khas dibandingkan dengan sekolah-sekolah lainnya. 

Contoh sekolah karakter yang termasuk dalam kategori ini adalah Sekolah Boarding, Sekolah Taruna, Sekolah Pesantren atau Berasrama, Sekolah Afiliasi, dan sebagainya. Tujuan dari beasiswa ini adalah agar calon mahasiswa yang menerimanya dapat menjadi Agent of Change dan menjadi penggerak baik di dalam maupun di luar lingkungan kampus.

8. Beasiswa Future Leaders

Beasiswa Future Leaders diberikan kepada siswa/i yang telah lulus pada tahun 2022 dan menunjukkan bakat kepemimpinan serta pengalaman berorganisasi yang signifikan selama masa pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setingkatnya. Pengalaman tersebut dapat meliputi posisi sebagai Ketua OSIS, Ketua, sekretaris, atau bendahara dalam kegiatan di tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, atau bahkan nasional.

9. Beasiswa Ujung Negeri (BUN)

Beasiswa Universitas Pertamina berikutnya adalah Beasiswa Ujung Negeri (BUN). Ini merupakan inisiatif dari Universitas Pertamina untuk memberikan kesempatan pendidikan tinggi kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau setara yang berasal dari Daerah Tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 tahun 2020.

10. Beasiswa Ujung Negeri PP POLRI

Beasiswa Ujung Negeri PP POLRI merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi keluarga besar Persatuan Purnawirawan POLRI lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 tahun 2020.

11. Beasiswa Ujung Negeri PII 

Beasiswa Ujung Negeri PII  diperuntukkan bagi keluarga besar Persatuan Insinyur Indonesia (PII) lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 tahun 2020.

12. Beasiswa Ujung Negeri TNI

Beasiswa Ujung Negeri TNI diperuntukkan bagi keluarga besar TNI lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang berasal dari Daerah Tertinggal berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 tahun 2020.

13.Beasiswa Influencer

Beasiswa Influencer  diberikan untuk influencer pada platform Instagram, Youtube atau Tiktok yang memiliki akun media sosial dengan konten mendidik, serta memiliki follower atau subscriber minimal 5.000. Benefit beasiswa adalah 100 persenpembebasan SPI.

14. Beasiswa APERTI BUMN

Beasiswa Universitas Pertamina yakni Beasiswa APERTI BUMN diselenggarakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) BUMN yang terdiri dari beberapa institusi pendidikan tinggi seperti Universitas Pertamina (UP), Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Telkom University (TEL-U), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Poltek POS, Institut Teknologi dan Bisnis BRI (BRI Institute), dan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS).

Program ini memberikan kesempatan kepada 40 siswa lulusan SMA atau setingkatnya yang memiliki prestasi untuk melanjutkan pendidikan tinggi di salah satu perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN.

15. Beasiswa Tematik

Beasiswa Tematik diberikan kepada calon mahasiswa baru Universitas Pertamina berdasarkan program khusus tertentu yang syarat dan ketentuannya ditetapkan dalam Surat Keputusan Rektor, seperti Hari Kemerdekaan, Hari Pahlawan, Hari Guru, Hari Ulang Tahun Pertamina, dan lain-lain.

Demikian informasi beasiswa Universitas Pertamina dan penjelasannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Related Topics