NEWS

Penerapan ESG Paragon Diganjar Penghargaan Environment Award 2023

Menerapkan keberlanjutan lingkungan di industri kosmetik.

Penerapan ESG Paragon Diganjar Penghargaan Environment Award 2023Penjurian Enviroment Award 2023/Dok. PT Paragon Technology and Innovation
20 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Perusahaan kosmetik berbasis halal Paragon Technology and Innovation berhasil meraih peringkat 1 (Titanium) dalam ajang “Environment Award 2023” yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI pada 17 Juli 2023.

Penghargaan tersebut diraih atas prestasi Paragon sebagai perusahaan yang menerapkan keberlanjutan lingkungan untuk kategori “Industri Kosmetik Penanaman Modal Dalam Negeri.”

Kepala BPOM, Penny K. Lukito, mengatakan acara penghargaan yang pertama kali diadakan BPOM tersebut dilakukan untuk menciptakan lingkungan berkelanjutan dalam mengembangkan dan menegakkan regulasi industri obat serta makanan.

“Produk-produk, seperti obat dan makanan ini tidak hanya berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga pada lingkungan,” kata Penny.

Group CEO Paragon Corp, Harman Subakat, mengatakan apresiasi dari BPOM ini menjadi pemacu semangat untuk terus membuat inovasi produk yang memelihara bumi dan menjaga lingkungan.

"Kami sangat bersyukur atas penghargaan Environment Award 2023 yang didapat dari BPOM. Ini merupakan bukti bahwa apa yang Paragon lakukan selama ini betul-betul sesuai dengan visi misi kami untuk ikut memelihara bumi," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (20/7).

Inisiatif lingkungan ParagonCorp

Dok. PT Paragon Technology and Innovation

Sebelumnya, Kepala BPOM beserta jajarannya melakukan penjurian secara langsung di Paragon pada 16 Juli 2023. Agenda tersebut dimulai dari paparan langsung dari Group CEO ParagonCorp, Harman Subakat mengenai inisiatif dan kepedulian Paragon untuk pelestarian lingkungan beserta penghargaan yang pernah didapat Paragon terkait lingkungan. 

Agenda dilanjutkan dengan site visit untuk melihat secara langsung kegiatan pengelolaan lingkungan yang sudah diterapkan, di antaranya hasil olahan limbah cair domestik pada unit Sewage Treatment Plant (STP) yang dapat dimanfaatkan menjadi air siram tanaman dan flushing toilet.

Tak hanya itu, penggunaan energi terbarukan berupa instalasi solar panel yang turut memasok kebutuhan listrik pabrik Paragon, hasil recycle dari produk kemasan Paragon yang digunakan sebagai furniture untuk kebutuhan sehari-hari, juga produk TAVI yang ramah lingkungan karena menggunakan tinta natural pada kemasannya, serta menggunakan bahan kardus yang bisa didaur ulang dan tanpa lem tambahan, sehingga nantinya memudahkan proses recycle.

Atas upaya ini, Harman juga mengucapkan selamat kepada Paragonian–sebutan untuk karyawan Paragon–yang telah bergerak bersama dalam menjaga lingkungan dan memelihara bumi melalui berbagai inovasi terbaiknya. 

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi lebih bagi kita untuk semakin go beyond untuk mewujudkan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar kita," ujarnya.

Related Topics