NEWS

Potensi Ekonomi Hijau dan Dekarbonisasi RI Hampir US$400 M di 2030

Laporan AC Ventures dan BCG ungkap tiga potensi pendorongnya

Potensi Ekonomi Hijau dan Dekarbonisasi RI Hampir US$400 M di 2030Ilustrasi ekonomi hijau/Dok. AC Ventures dan BCG
13 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - AC Ventures (ACV) bekerja sama dengan Boston Consulting Group (BCG), merilis laporan komprehensif mengenai dekarbonisasi dan dampak yang luas terhadap potensi "pertumbuhan ekonomi hijau" di Indonesia. 

Laporan bertajuk “Catalyzing Indonesia’s Green Growth Potential” tersebut menjelaskan peran penting Indonesia di panggung global dalam melakukan transformasi ekonomi. “Green growth” atau pertumbuhan ekonomi hijau mengacu pada jalur pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran yang berkelanjutan secara lingkungan.

Dalam konferensi pers daring pada Kamis (13/7), Brendan Board selaku BCG Project Leader, menyajikan gambaran umum mengenai temuan utama dalam laporan tersebut. Selanjutnya, dilakukan diskusi panel dengan Marc Schmidt, Managing Director dan Partner BCG Singapura, Lauren Blasco, Principal – Head of ESG AC Ventures, dan Raditya Wibowo, Co-founder dan CEO Maka Motors. Berikut ini rangkuman hasil laporan tersebut.

Tiga fokus utama potensi pertumbuhan ekonomi hijau

Dok. AC Ventures dan BCG

Sebagai negara penghasil gas rumah kaca terbesar keempat di dunia, Indonesia menghadapi tantangan lingkungan yang signifikan dan sangat rentan terhadap risiko perubahan iklim. 

Meskipun demikian, Lauren Blasco dari AC Ventures menjelaskan bahwa Indonesia juga memiliki potensi besar untuk beralih ke ekonomi hijau. 

“Perubahan ini merupakan peluang bagi startup, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan investor untuk memainkan peran utama dalam mendorong pembangunan ekonomi berkelanjutan dan mengatasi perubahan iklim,” katanya.

Berdasarkan laporan tersebut, pertumbuhan ekonomi hijau di Indonesia melibatkan tiga area fokus utama, yaitu:

  1. strategi dan layanan profesional dengan potensi pasar mencapai US$46 miliar pada 2030.
  2. solusi untuk mengoptimalkan intensitas gas rumah kaca dengan potensi pasar senilai US$350 miliar pada 2030, dan 
  3. kompensasi emisi dengan potensi pasar mencapai US$3,5 miliar pada 2030.

Strategi memanfaatkan peluang

Dok. AC Ventures dan BCG

Related Topics