NEWS

5 Negara Pengekspor Tekstil Terbesar di Dunia, Cina Nomor satu

Pasar tekstil global diperkirakan terus tumbuh hingga 2030.

5 Negara Pengekspor Tekstil Terbesar di Dunia, Cina Nomor satuProses kerja di pabrik tekstil. Shutterstock/AdaCo
by
03 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Industri tekstil global adalah salah satu sektor terbesar di dunia dengan Cina sebagai negara produsen terbesarnya.

Negeri Tirai Bambu telah memimpin dalam produksi tekstil dunia dalam beberapa tahun terakhir dengan produksi tekstil yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Ukuran pasar tekstil global pada 2021 mencapai US$993,6 miliar. Berdasarkan laporan terbaru dari Grand View Research Inc menyebut, pasar tekstil global diperkirakan akan tumbuh hingga US$1,42 triliun pada 2030.

Pertumbuhan pasar antara lain didorong oleh meningkatnya tingkat kesadaran konsumen terhadap tren fashion yang berubah dengan cepat.

Selain itu, platform e-commerce juga kian berkembang dan mendukung penjualan serta distribusi berbagai jenis produk industri tekstil, sehingga meningkatkan pertumbuhan pasar.

Berikut daftar negara eksportir tekstil terbesar di dunia berdasarkan laporan terakhir World Trade Organization:

Cina

Cina merupakan eksportir tekstil terbesar di dunia dengan output 41,2 persen dari total tekstil global pada 2021, tahun ketika negara tersebut mampu mengekspor tekstil senilai US$146 miliar.

Dengan pertumbuhan pesat dalam 2 dekade terakhir, industri tekstil Cina telah pendongkrak perekonomian domestik. Skala bisnis tekstil yang makin ekspansif membuat mereka menjadi sangat efisien dalam memproduksi.

Biaya rendah dan ketersediaan tenaga kerja yang besar, berkurangnya hambatan perdagangan, serta pasokan bahan yang kuat, adalah sederet keunggulan kompetitif yang ditawarkan negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa itu.

Banyak merek terkenal di dunia yang mendirikan pabriknya di negara tersebut, seperti American Eagle, Adidas, Abercombie & Fitch, Burberry, Dolce & Gabbana, FCUK, GAAP, Gucci, Guess, Old Navy, dan Mulberry.

Uni Eropa

Eksportir tekstil terbesar kedua dunia adalah Uni Eropa. Pada 2021, mereka mampu mengekspor hingga US$73 miliar dan menyumbang 20,9 persen pada pasar.

Negara-negara penyumbang ekspor terbesar Uni Eropa adalah Spanyol, Italia, Polandia dan Jerman. Pada negara-negara tersebut banyak brand kenamaan dari fashion yang terkenal di seluruh dunia, seperti ZARA, Versace, Prada dan lainnya.

Related Topics