NEWS

Bandara Dhoho Milik Gudang Garam Mulai Layani Penerbangan Hari Ini

Bandara Dhoho merupakan bandara swasta murni pertama di RI.

Bandara Dhoho Milik Gudang Garam Mulai Layani Penerbangan Hari IniSejumlah penumpang memasuki bandara saat penerbangan perdana di Bandara Dhoho, Kediri, Jawa Timur, Jumat (5/4). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
05 April 2024

Fortune Recap

  • Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, resmi melepas penerbangan perdananya hari ini.
  • Penerbangan perdana dilakukan oleh maskapai Citilink dengan rute Jakarta-Kediri-Jakarta menggunakan pesawat tipe A320 CEO berkapasitas 180 penumpang.
  • Bandara Dhoho direncanakan untuk dapat menampung hingga 1,5 juta penumpang per tahun pada tahap awal, dan kemudian dapat menampung hingga 10 juta penumpang per tahun pada tahap puncaknya.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, resmi melepas penerbangan perdananya hari ini, Jumat (5/4).

Presiden Direktur PT Surya Dhoho Investama (SDhl), Istuta Taswin Siddharta mengatakan penerbangan perdana dari Bandara Dhoho akan dilakukan oleh maskapai Citilink dengan rute Jakarta-Kediri-Jakarta menggunakan pesawat tipe A320 CEO berkapasitas 180 penumpang.

"Dengan frekuensi penerbangan dua kali seminggu, penerbangan ini bukan hanya sebuah layanan transportasi, tetapi juga sebuah momentum bersejarah bagi Kabupaten Kediri dan sekitarnya," kata Istata dalam keterangan tertulis, Jumat (5/4).

Anak usaha PT Gudang Garam Tbk ini merupakan Badan Usaha Pelaksana yang telah ditunjuk oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara untuk mengelola Bandar Udara Dhoho. Penunjukan ini , memakai kema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

Bandara Dhoho Kediri, yang dibangun sesuai dengan standar internasional dan memiliki landasan pacu terpanjang di Indonesia dengan panjang 3.300 meter, telah resmi memulai operasinya dengan penerbangan perdana yang dilakukan oleh Citilink Indonesia dengan rute Kediri-Jakarta.

Citilink akan menjadwalkan penerbangan reguler dua kali seminggu, pada hari Sabtu dan Selasa, dengan rute Kediri-Jakarta atau sebaliknya.

Maskapai penerbangan lain diharapkan akan segera bergabung dengan rute baru ini. Bandara Dhoho direncanakan untuk dapat menampung hingga 1,5 juta penumpang per tahun pada tahap awal, dan kemudian dapat menampung hingga 10 juta penumpang per tahun pada tahap puncaknya.

Istata optimistis aksesibilitas dan konektivitas bagi masyarakat akan terbuka lebih luas, “terutama bagi masyarakat untuk terhubung ke berbagai daerah di Jawa Timur bagian selatan,” katanya.

Related Topics