NEWS

Hari Pertama Jadi Mendag, Zulhas: Banyak Pedagang dan Pembeli Mengeluh

Dia langsung menggelar operasi pasar di hari pertama tugas.

Hari Pertama Jadi Mendag, Zulhas: Banyak Pedagang dan Pembeli MengeluhMenteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat menggelar operasi pasar di hari pertama kerjanya sebagai Mendag di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6). (Eko Wahyudi/FORTUNE Indonesia).

by Eko Wahyudi

16 June 2022

Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan langsung menggelar operasi pasar di hari pertama kerjanya sebagai Mendag di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6). Dia mengujungi Pasar Cibubur mulai pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.

Setelah melakukan operasi pasar, Zulkifli mengaku kaget lantaran semua harga bahan pokok naik terkecuali beras.

“Saya terus terang syok juga karena tadi tuh pembelinya ngeluh, yang dagang ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup meningkat. Kita lihat langsung, Akibat harga harga kebutuhan pokok naik kecuali beras,” ujar Zulhas sapaan akrab Ketua Partai Politik PAN yang kemarin dilantik Presiden Joko Widodo menggantikan Muhammad Lutf kepada awak media.

Berdasar pantauannya di pasar tersebut, kenaikan dialami cabai merah yang harganya melesat dari Rp80 ribu menjadi Rp110 ribu per kilogram. Kemudian, telur dari Rp26 ribu naik ke Rp29 ribu per kilogram. Ayam dari Rp21 ribu naik ke Rp26 ribu per kilogram.

Kemudian untuk daging sapi pun harganya mengalami kenaikan. Namun adanya isu wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) membuat minat pembeli menurun.

Ketergantungan impor pangan

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat menggelar operasi pasar di hari pertama kerjanya sebagai Mendag di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6). (Eko Wahyudi/FORTUNE Indonesia).

Tidak hanya itu, Zulkifli juga menemukan harga terigu naik dari Rp9 ribu per kilogram menjadi Rp12 ribu per kilogram. Kemudian tempe pun harganya kembali meroket, dikarenakan harga kedelai impor yang juga melonjak. “Dulu satu ton di bawah sejuta sekarang hampir Rp1,3 juta,” ujarnya.

Menurut Zulkifli, masalah pangan tiap tahun hampir sama, yakni ketidakstabilan harga. Hal ini disebabkan, kata dia, mayoritas pangan Indonesia berasal dari sektor impor.

“Nah ini ada persoalan jangka pendek yang harus kita atasi, ada persoalan jangka panjang. Apakah kedelai itu bisa kita tanam, tidak impor terus, terigu sih jelas. Bawang merah penyakit tahunan, naik turun. Tentu kita akan menyelesaikan bareng-bareng kementerian terkait. Apalagi tidak mudah apalagi barang impor,” ujarnya.

Pastikan stok minyak goreng tercukupi

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat menggelar operasi pasar di hari pertama kerjanya sebagai Mendag di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6). (Eko Wahyudi/FORTUNE Indonesia).