Comscore Tracker
NEWS

Mendag Zulhas Bertemu Mentan Bahas Dua Tugas Penting dari Jokowi

Harga bahan pokok beberapa waktu ini mengalami kenaikan.

Mendag Zulhas Bertemu Mentan Bahas Dua Tugas Penting dari JokowiMenteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kiri) bertemu dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) guna membicarakan bagaimana mencari solusi kenaikan harga bahan pokok di Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (20/6). (Dok. Istimewa).

by Eko Wahyudi

Jakarta, FORTUNE - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menemui Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Senin (20/6). Zulkifli Hasan mengatakan, komunikasi di antara kedua pihak harus terjaga agar tidak ada gangguan. Sebab, fungsi kedua kementerian ini sangat berhubungan erat.

"Kami sudah biasa telpon-telponan, bisa langsung beres," kata Zulkifli usai pertemuan tersebut, Senin (20/6).

Zulkfili Hasan menjelaskan, ada tugas khusus yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepadanya. "Saya ditugaskan khusus agar pangan itu tersedia di seluruh Tanah Air. Kedua, harga terjangkau. Tentu, Kementerian Pertanian penting sekali agar pangan tersedia. Barusan saya dengar dari Pak Menteri Pertanian, beras lebih, jagung lebih," kata Zulhas sapaan akrab menteri yang juga Ketua Partai Politik PAN.

Dia pun menceritakan hasil pembicaraan pada pertemuan tersebut. Mulai dari perkembangan beras dan jagung yang stoknya sangat melimpah di dalam negeri.

Kemudian untuk bawang merah, dan cabai. Zulkifli mengetahui dari Mentan bahwa kedua bumbu dapur tersebut stoknya juga stabil. Memang kenaikan harga yang terjadi saat ini terjadi musiman. “Kalau gini harganya naik ya biar berkahnya untuk petani agar dapat bonus tahunan kira-kira gitu,” ujarnya.

Jangan ada impor bawang merah dan cabai

Ilustrasi pangan cabai.

Dalam kesempatan itu, Zulhas juga berharap tidak ada impor untuk komoditas cabai dan bawang merah. Sebab, hal itu akan mematikan petani di dalam negeri. Untuk itu, ujarnya, kedua kementerian harus berkolaborasi dan bekerja sama.

"Kementerian Perdagangan itu mengatur saja. Semua ada di sini, di beliau. Tapi kalau nggak dilindungi, impor semua, kan susah juga itu para petani bisa mati semua," kata Zulkifli.

Berdasarkan Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok Kementerian Perdagangan per 17 Juni 2022, harga cabe rawit merah Rp89.900 per kilogram. Harganya meningkat dibanding per 10 Juni yang berada pada level Rp61.400.

Kemudian, harga bawang merah Rp52.300 per kilogram, lebih tinggi ketimbang level 10 Juni pada Rp42.100.

Harga kebutuhan pokok

Pedagang melayani pembeli minyak goreng curah di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (1/2/2022).

Untuk harga kebutuhan pokok lainnya, seperti telur ayam ras Rp29.400, atau naik 7,3 persen dari Rp27.400 seminggu yang lalu. Padahal, harga telur normalnya Rp22.000 sampai Rp25.000 per kilogram.

Selanjutnya gula pasir Rp14.600 per kilogram atau turun 0,68 persen dibanding pekan lalu dan kedelai impor stabil di Rp14.100 per kilogram.

Sedangkan minyak goreng curah mengalami penurunan 4,62 persen menjadi Rp16.400 per liter, turun dari Rp17.300 pekan lalu. Minyak goreng kemasan jadi Rp22.500, turun 5,46 persen dari Rp23.800 per liter. Sementara itu beras premium harganya stabil di angka Rp12.500 per kilogram, begitu juga beras medium Rp10.400 per kilogram.

Related Articles