NEWS

Sandiaga Uno Pastikan Mandalika Akan Gelar Lagi MotoGP pada 2023

Persiapan MotoGP Mandalika 2023 dilakukan mulai sekarang.

Sandiaga Uno Pastikan Mandalika Akan Gelar Lagi MotoGP pada 2023MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/3/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu
21 March 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memastikan Indonesia pada 2023 akan kembali menggelar perhelatan balap motor dunia, MotoGP. “Persiapan itu dimulai dari hari ini, jadi tak ada jeda,” kata dia saat Weekly Press Briefing, Senin (21/3).

Dia mengapresiasi kesuksesan perhelatan MotoGP Mandalika 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Menurutnya, hal terpenting dari ajang ini adalah dampak luasnya terhadap masyarakat sehingga mampu menggerakkan perekonomian.

"Setelah mempersiapkan hampir dua tahun, MotoGP Mandalika ini yang sudah ditunggu-tunggu masyarakat sebagai kebangkitan ekonomi dan pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta penciptaan lapangan kerja," kata Sandiaga.

Ada 63 ribu orang ke Mandalika

Dia mengatakan selama perhelatan MotoGP Mandalika 2022 ada sekitar 63 ribu wisatawan yang berkunjung. Dari total tersebut, mayoritas berasal dari dalam negeri, dan hanya sekitar 4 ribu yang berasal dari mancanegara.

Becermin dari data tersebut, Sandiaga mengatakan wisatawan domestik memiliki potensi yang dapat dimaksimalkan. “Dengan kemudahan bebas tes antigen untuk domestik, jadi peluang Mandalika,” ujarnya.

Menurutnya, kebijakan pemerintah untuk mendatangkan MotoGP Mandalika 2022 terbukti tepat dari segi dampak yang dihasilkan. 

Ajang internasional lain ikut antre

Setelah ajang MotoGP Mandalika 2022, Sandi menyebut, banyak penyelenggara balap menunjukkan ketertarikan. Dia mengatakan bahwa ajang yang berkelanjutan menjadi kunci keberlanjutan Mandalika agar terus eksis.

"Kita harus gerak cepat, satu sampai dua pekan ini mungkin kita ingin evaluasi dan setelah itu mulai langsung (persiapkan)," katanya.

Kemenparekraf akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memastikan keberlanjutan sirkuit dengan menyiapkan berbagai acara lainnya. "Kita sudah siap karena selain dari kegiatan motor sport baik itu mobil maupun balapan motor, juga akan ada tadi seperti sepeda, lari, dan sudah banyak peminat yang ingin mencoba sport-sport tersebut," kata Sandiaga.

Kendati demikian, Sandi akan melakukan evaluasi agar acara selanjutnya yang diadakan di Mandalika dapat terlaksana dengan sangat baik dan memuaskan. "Tapi tentu kita harus review dulu hasil dari MotoGP ini," ujarnya.


 

Related Topics