TECH

BRI Gandeng Tencent dan Hi Cloud Perkuat Kapabilitas Digital

BRI fokus pada peningkatan pelayanan dan pengalaman nasabah.

BRI Gandeng Tencent dan Hi Cloud Perkuat Kapabilitas DigitalBRI Tower. (Dok. BRI)
14 May 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), menggandeng Tencent Cloud dan Hi Cloud Indonesia mengeksplorasi teknologi dalam rangka memperkuat kapabilitas Digital.

Direktur Utama BRI, Sunarso, mengatakan  BRI terus berupaya menjalankan transformasi secara berkelanjutan. Transformasi fokus pada dua aspek utama, yakni digital dan culture.  “Kami terus menciptakan nilai baru melalui digitalisasi untuk menjalankan model bisnis,” katanya dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Selasa (14/5).

Kerja sama ini akan fokus pada peningkatan pelayanan dan pengalaman nasabah dalam bertransaksi. Dengan demikian, BRI dapat memperkaya use case dan lesson learned dalam pengembangan kapabilitas digital, khususnya memberikan pengalaman perbankan yang high tech dan high touch.

Apalagi, 99 persen transaksi BRI sudah dilakukan secara digital, sementara 1 persen sisanya masih dilakukan lewat unit kerja dan kantor BRI.

Melalui eksplorasi kolektif ini, BRI memperdalam adopsi teknologi yang akan diimplementasikan pada berbagai produk dan layanan perbankan BRI, khususnya dalam meningkatkan user experience agar lebih mudah, inklusif, efisien, dan aman.

Visi yang sama

Tencent Cloud.
Tencent Cloud. (dok. Tencent)

Senior Vice President Tencent Cloud International, Poshu Yeung, mengatakan bahwa pihaknya dan BRI memiliki visi bersama untuk memimpin inovasi perbankan di Indonesia.

“Kami akan mengolaborasikan keahlian dan akses ke solusi berkualitas tinggi dan dapat diandalkan, dengan kapabilitas digital dan kekuatan jaringan fisik BRI,” katanya.

Dengan memanfaatkan teknologi AI terkini, solusi electronic Know Your Customer (eKYC) dari Tencent Cloud mendukung industri layanan finansial untuk memverifikasi identitas pengguna secara remote dan mengurangi risiko yang bisa muncul akibat penipuan identitas.

Hi Cloud Indonesia–partner penting Tencent Cloud–memfasilitasi percepatan teknologi inovatif dan menjembatani kolaborasi antara Tencent Cloud dengan BRI.

Yeung berharap, BRI tetap menjadi perbankan terdepan dalam inovasi teknologi di lanskap perbankan Indonesia. Dengan menggabungkan kecakapan teknologi Tencent dengan keahlian lokal, pemahaman pasar, dan kemampuan adopsi BRI, kemitraan ini akan mendorong penciptaan dan pengembangan layanan perbankan yang bukan hanya menjawab kebutuhan, tapi juga menawarkan pengalaman baru bagi nasabah.

Related Topics