NEWS

13 Perusahaan Menang ESG Award 2023 by KEHATI

Seleksi dilakukan terhadap konstituen Indeks SRI-KEHATI.

13 Perusahaan Menang ESG Award 2023 by KEHATIDirektur Eksekutif Yayasan KEHATI Riki Frindos dan Perwakilan Juri Agus Salim membaca nama pemenang ESG Award 2023 By KEHATI.
28 July 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) mengumumkan 13 perusahaan sebagai pemenang penghargaan Environmental, Social, and Governance (ESG) Award 2023. Ketigabelas perusahaan tersebut terpilih dari tiga kategori utama, yakni Best Capital Market (subkategori Emiten, Investor dan Facilitator), Best Impact Investment (Impact Entrepreneur, Investor on Impact Investment, dan Facilitator), dan Best Debt and Project Financing (Issuer, Investor/Creditor, dan Facilitator).

Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI, Riki Frindos, mengatakan 13 perusahaan tersebut berasal dari beberapa sektor, mulai dari emiten finansial (bank), emiten non-finansial, investor, manajer investasi (fund manager), penerbit surat utang (issuer), perusahaan rintisan (startup) dan UMKM berdampak (impact entrepreneur), modal ventura (venture capital), serta fasilitator dan konsultan.

Perusahaan-perusahaan itu dipilih berdasarkan kriteria ESG terbaik yang mewakili sektor industrinya masing-masing. Khusus emiten, seleksi dilaksanakan atas beberapa perusahaan terbuka yang tercatat sebagai konstituen Indeks SRI-KEHATI, indeks saham yang diluncurkan KEHATI bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 2009.

“Selamat untuk para pemenang ESG Award 2023 By KEHATI. Kami berharap komitmen mereka yang tinggi terhadap investasi berkelanjutan berbasis ESG dapat mendorong kesadaran yang sama dari para pelaku pasar lainnya di industri keuangan, khususnya pasar modal Indonesia,” kata Riki dalam konferensi pers di Financial Hall Graha CIMB Niaga Jakarta, Kamis (27/7).

Riki menjelaskan penghargaan ini juga digelar sebagai bentuk apresiasi atas keterlibatan para pemangku kepentingan (stakeholders) dalam mempromosikan investasi berbasis ESG di pasar modal Indonesia. Ajang penghargaan ini juga merupakan pengembangan secara signifikan dari konsep event SRI-KEHATI Award yang pernah dilaksanakan sebelumnya yang hanya terbatas pada emiten di pasar modal. Yayasan KEHATI, sebagai pengelola Indeks SRI-KEHATI, sebelumnya telah menyelenggarakan SRI-KEHATI Award sebanyak lima kali.

Tahun ini KEHATI mempercayakan penilaian kepada para juri yang telah memiliki kompetensi, integritas, dan ketokohan dalam industri ini, yakni Dewan Pengawas Indonesia Investment Authority (INA), Dr Cyril Noerhadi, sebagai ketua dan Riki Frindos dari KEHATI sebagai sekretaris dan didukung enam anggota. Keenam anggota juri ESG Award yaitu Demetrius Ari Pitojo, Mohamad Oki Ramadhana, Ariani Vidya Sofjan, Rama Manusama, Nadia Chiarina, dan Dr Agus Salim, CFA.

Independensi dalam penilaian tersebut, sebut Riki, dijunjung tinggi dalam proses penjurian. Juri yang memiliki keterkaitan dengan nomine dilarang memberikan penilaian. Hasil Sidang Pleno yang digelar pada 6 Juli 2023 akhirnya memutuskan terdapat 13 perusahaan pemenang dari tiga kategori utama dan 14 penghargaan yang diberikan.

Daftar Pemenang

A. Sektor Capital Market

Kategori Emiten

  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI)
  • PT Unilever Indonesia Tbk. (UNVR)

Kategori Investor

  • PT BNP Paribas Asset Management
  • PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen
  • PT Mandiri Manajemen Investasi

Kategori Facilitator

  • PwC Indonesia

B. Sektor Impact Investment

Kategori Impact Entrepreneur

  • Mahorahora Bumi Nusantara
  • PT Miko Bahtera Nusantara (MYCL)
  • Pable

Kategori Investor on Impact Investment

  • PT BRI Ventura Investama

Kategori Facilitator

  • ANGIN

C. Sektor Debt & Project Financing

Kategori Issuer

  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI)

Kategori Investor/Creditor

  • PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero)

Kategori Facilitator

  • PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero)

Related Topics