NEWS

Menhub Imbau Warga Tidak Mudik pada 18-21 April 2023

Akan ada sejumlah upaya urai kepadatan jalan.

Menhub Imbau Warga Tidak Mudik pada 18-21 April 2023Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Doc: Kemenhub)
13 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menganjurkan masyarakat untuk mudik lebih awal dan menghindari 18–21 April karena diprediksi terjadi puncak arus mudik dan jalanan berpotensi macet.

“Bagi masyarakat yang sudah bisa libur, silakan mudik lebih awal mulai hari ini tanggal 13 April sampai dengan 17 April nanti karena jalanan masih tidak terlalu padat,” ujarnya, Kamis (13/4).

Budi Karya mengatakan pemerintah berupaya memecah kepadatan arus penumpang dan kendaraan pada satu hari tertentu, sehingga tidak terjadi kemacetan parah.

“Kami berharap dengan upaya-upaya antisipasi yang telah dilakukan, perbandingan antara kapasitas jalan maupun simpul transportasi dengan volume penumpang dan kendaraan atau volume to capacity (V/C) Ratio bisa tetap di bawah angka 1 yang artinya masih lancar,” katanya.

Di antara upaya yang dilakukan adalah memajukan cuti bersama menjadi 19–25 April. Dengan begitu, terdapat tambahan hari yang dapat dimanfaatkan pemudik untuk melakukan perjalanan lebih awal.

“Jadi, tekanan di hari puncak arus mudik bisa didorong ke depan atau di hari-hari sebelum hari puncak,” ujarnya.

Diskon tarif tol

Sejumlah operator transportasi dan jalan telah memberikan tarif diskon atau promo untuk mendorong masyarakat mudik lebih awal. Contohnya, Jasa Marga dan Hutama Karya.

Hutama Karya memberikan potongan 20 persen untuk tol Trans Sumatera pada 16–18 april dan arus balik pada 26–28 April. Sementara, Jasa Marga memberi potongan 20 persen pada tarif Tol Jakarta Cikampek pada periode 16–18 April dan 27–29 April. 

Operator kereta api KAI juga memberikan tarif diskon kereta untuk 14–17 April. Selain itu, maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citilink, Transnusa dan Super Jet dan Lion Air  juga menetapkan potongan harga pada tiket periode 13–17 April.

Untuk mengantisipasi kepadatan arus kendaraan pada puncak arus mudik, berbagai skenario rekayasa lalu lintas telah disiapkan, seperti contraflow, one way, ganjil–genap, pembatasan angkutan barang, hingga manajemen rest area tol.

“Rekayasa lalu lintas tersebut akan dimulai pada 18 April 2023 mulai dari jalur tol Cikampek Km 72 sampai Gerbang Tol Kalikangkung Km 414,” kata Budi Karya. 

Related Topics