NEWS

Menteri PUPR Dorong Diskon Tarif Tol Selama Musim Mudik Lebaran

Diskon tarif tol di musim mudik lebaran bukan hal baru.

Menteri PUPR Dorong Diskon Tarif Tol Selama Musim Mudik LebaranJalan Tol Tangerang-Merak milik Astra Infra Group. (Dok. Istimewa)
06 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bakal mendorong Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) memberikan diskon tarif tol selama masa mudik Lebaran.

"Saya sudah ngojok-ngojoki (mendorong) itu ATI, Asosiasi Tol, supaya mereka (memberi diskon), sekarang mereka sedang hitung," ujarnya usai melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, seperti dikutip Antara Rabu (6/4).

Meski demikian, Basuki mengatakan sampai saat ini pemerintah belum mengetahui ada tidaknya diskon tarif tol. Sebab, kementerian tak bisa berinisiatif menurunkan tarif tol karena akan mendistorsi investasi.

"Oh enggak boleh (kementerian berinisiatif turunkan tarif tol), itu investasi kan, jadi mendistorsi investasi, katanya begitu. Jadi saya tunggu saja, ngojok-ngojoki (mendorong)," kata dia.

Kementerian PUPR sendiri sejauh ini sudah menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung mudik lebaran salah satunya Tol Cisamdawu yang menurut Basuki, akan difungsikan sebagai jalur mudik.

Tol Cisumdawu diproyeksikan untuk dapat digunakan sebagai jalur mudik pada tanggal 15 April 2023 secara gratis karena belum diresmikan.

"Ya kalau dari PU, tambahannya yang mungkin akan sangat membantu pertama adalah Cisumdawu, itu mudah-mudahan bisa tembus dari Cileunyi sampai ke Dawuan 90 kilometer lebih," kata Basuki.

Strategi kurangi kepadatan tol

Sebagai informasi, kebijakan diskon tarif tol jelang Lebaran bukan hal baru di Indonesia. Pada 2019, misalnya, operator jalan tol yang tergabung dalam ATI memberikan potongan harga atau diskon tarif tol sebesar 15 persen untuk semua ruas jalan tol di seluruh Indonesia.

Ketua Umum ATI Desi Arryani saat itu mengatakan, diskon tarif bertujuan salah satunya untuk mendorong distribusi kendaraan lebih merata dan mengurangi kemacetan dan di ruas jalan tol.

“Jika dicermati, diskon tidak diberikan saat prediksi puncak arus mudik maupun balik Lebaran agar lalu lintas dapat terdistribusi dengan baik. Hal ini mengingat tingginya volume lalu lintas saat arus mudik dan balik Lebaran," ungkapnya.

Diskon tarif tol yang diberikan oleh ATI adalah sebesar 15 persen dan akan berlaku pada periode arus mudik Lebaran 2019, yaitu pada tanggal 27 Mei 2019 pukul 00.00 WIB s.d 29 Mei 2019 pukul 23.59 WIB . Diskon juga pada periode arus balik Lebaran, yaitu pada tanggal 10 Juni 2019 pukul 00.00 WIB s.d 12 Juni 2019 pukul 23.59 WIB.

Related Topics