NEWS

Tol Becakayu Ruas Jakasampurna-Margajaya Dibuka Hari Ini, Cek Tarifnya

Alternatif pengguna jalan yang ingin hindari kemacetan.

Tol Becakayu Ruas Jakasampurna-Margajaya Dibuka Hari Ini, Cek TarifnyaJalan Tol Becakayu Ruas Jakasampurna-Margajaya. (Doc: Waskita Toll Road)
24 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Waskita Toll Road (WTR) melalui anak usahanya, PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM), mulai mengoperasikan Tol Becakayu ruas Jakasampurna-Margajaya hari ini, Jumat (24/3).

Pengoperasian dilakukan usai Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung Ruas Jakasampurna-Marga Jaya diterbitkan.

Direktur Keuangan & Manajemen Risiko WTR, Edie Rizliyanto, mengatakan bahwa pengoperasian Seksi Jakasampurna-Marga Jaya tersebut akan menjadi alternatif bagi pengguna jalan yang ingin menghindari kepadatan lalu lintas dari Jakarta menuju Bekasi maupun sebaliknya.

"Melalui Jalan Tol Becakayu, pengguna jalan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan yang sebelumnya dapat mencapai 60 menit, kini dapat ditempuh dalam kurun waktu 20-30 menit,” jelas Edie dalam keterangan resmi.

Sementara itu, Direktur Utama KKDM, Aris Mujiono, menyatakan perusahaannya telah melaksanakan sejumlah kegiatan perbaikan dan pemeliharaan sebagai bagian dari persiapan pengoperasian.

“Guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan, kami melakukan sejumlah persiapan antara lain perbaikan marka jalan, perbaikan dan pembersihan concrete barrier serta melakukan upaya penghijauan di sekitaran Jalan Tol Becakayu,” katanya.

Tarif

Selama periode uji coba, pengguna jalan akan dikenai tarif lama Rp14.000 untuk Golongan I (jenis kendaraan mobil, sedan, bus, pick up dan truk kecil). Uji coba yang dilakukan juga merupakan rangkaian sosialisasi penyesuaian tarif Jalan Tol Becakayu yang semula dengan sistem terbuka dengan 1 tarif (single tariff) menjadi sistem terbuka dengan empat zonasi tarif.

Pasca sosialisasi dan uji coba, maka jalan tol Becakayu sepanjang 16,78 Km akan beroperasi secara penuh dengan menggunakan sistem empat zonasi tarif.  

Bagi pengguna jalan tol dari arah Bekasi yang masuk melalui Gerbang Tol Marga Jaya 2 dan keluar melalui exit Tol Pondok Kelapa, Jatiwaringin, Cipinang dan Jalan D.I. Panjaitan akan dikenai tarif Zona 4. Adapun tarif Zona 3 akan berlaku pada pengguna jalan yang masuk melalui GT Jakasampurna dan keluar pada exit Tol tersebut.

Bagi pengguna jalan dari arah Bekasi yang masuk melalui GT Pondok Kelapa 2 dan GT Jatiwaringin 2 menuju Jakarta masing-masing akan dikenai tarif Zona 2 dan 1.

Sedangkan bagi pengguna jalan tol dari arah Jakarta yang keluar pada GT Jatiwaringin 1, GT Pondok Kelapa 1, GT Bintara Jaya, dan GT Marga Jaya 1 masing-masing akan dikenai tarif Zona 1, 2, 3, dan 4.

Related Topics