NEWS

Zainudin Amali Antarkan Surat Pengunduran Diri Sebagai Menpora

Zainudin sebut ingin fokus urus PSSI.

Zainudin Amali Antarkan Surat Pengunduran Diri Sebagai MenporaMenpora cum Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
10 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Zainudin Amali telah mengantarkan surat pengunduran diri secara resmi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) kepada Menteri Sekretariat Negara, Pratikno.

"Pagi ini saya baru saja ketemu dengan Pak Mensesneg [untuk] mengantarkan surat permohonan pengunduran diri saya dari posisi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga," ujar Wakil Ketua Umum PSSI tersebut, seperti dikutip Antara, Kamis (10/3).

Pada 20 Februari 2023, Zainudin mengeklaim Presiden Joko Widodo telah mengizinkannya untuk berfokus pada sepak bola nasional. Dia juga menyampaikan Jokowi belum memutuskan penggantinya karena dia belum menyampaikan surat pengunduran diri.

"Kemungkinan saya dijadwalkan hari Senin (13/3) akan bertemu dengan Pak Presiden," kata Zainudin.

Jokowi pada 9–10 Maret tengah melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. "Hari ini tanggal 9 (Maret), hari Kamis, saya sudah antarkan. Tinggal tunggu saja. Kan keputusannya ada di Bapak Presiden, bukan di saya," ujarnya.

Tidak ada nama pengganti

Zainudin mengaku tidak mengusulkan nama tertentu sebagai penggantinya sebagai Menpora. 

Ia juga menegaskan bahwa alasannya mengundurkan diri adalah demi mengurus sepak bola.

"Enggak etis bagi saya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga yang mengurusi semua cabang olahraga kok hanya berfokus pada satu cabang? Akhirnya saya minta izin Pak Presiden dan beliau izinkan," tambah Zainudin.

Zainudin juga mengaku punya tugas besar lainnya, yaitu melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional

"Yang sekarang sedang dalam proses disempurnakan, yaitu tentang percepatan pembangunan sepak bola nasional jadi masih tetap di lingkungan olahraga, tapi fokus ke salah satu cabang olahraga," ujarnya.

Sedangkan dari partai asalnya, yaitu Partai Golkar, Zainudin juga menyebut tidak menyodorkan nama tertentu.

"Itu komunikasi antara Pak Ketua Umum dan Pak Presiden. Saya juga tidak menanyakan," katanya.

Zainudin menyebut telah menembuskan surat pengunduran dirinya kepada Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Beliau [Erick Thohir] sudah terima surat saya, dan beliau akan sampaikan ke Pak Presiden," ujar Zainudin.

Related Topics