NEWS

Baru Beli Rumah? Ini Tips Sebelum Serah Terima

Sebelum serah terima rumah, periksa dokumen hingga drainase.

Baru Beli Rumah? Ini Tips Sebelum Serah TerimaShutterstock/Elle Aon
27 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bagi setiap individu, momen pembelian rumah menjadi salah satu pencapaian tersendiri. Namun, sebelum rumah menjadi milik Anda seutuhnya dan diterima secara sah, ada beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan saat proses serah terima rumah.  

Namun, bagi masyarakat awam, pemeriksaan kondisi rumah menjadi tugas yang sulit karena banyak aspek yang memerlukan pengetahuan khusus di bidang jasa konstruksi. Untuk mengatasi ini, Anda dapat menggunakan layanan dari ahli yang terpercaya, seperti jasa Surveyor. 

Surveyor dapat melakukan pengecekan hunian - rumah maupun apartemen, untuk mengidentifikasi kerusakan dan potensi kerusakan pada bagian-bagian rumah. Salah satu layanan jasa Surveyor ialah Gravel Maintenance pada aplikasi tukang bangunan Gravel. 

Co-founder dan CEO Gravel, Georgi Ferdwindra Putra menyatakan, fitur surveyor ini diciptakan untuk memudahkan konsumen dalam memeriksa dan mengidentifikasi masalah atau kerusakan yang perlu ditangani.  

Namun bila Anda mau memeriksa semua sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diperiksa untuk memastikan bahwa rumah tersebut memenuhi standar kualitas dan spesifikasi yang dijanjikan. Berikut adalah tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum serah terima rumah baru menurut Gravel. 
 

Periksa dokumen dan kontrak perjanjian

membeli rumah
ilustrasi membeli rumah (unsplash.com/Tierra Mallorca)

Periksa semua dokumen pembelian rumah, terutama akta kepemilikan, akta jual beli, dan perjanjian tertulis lainnya yang telah Anda tandatangani. Pastikan dokumen tersebut sesuai kesepakatan dan tidak ada ketidaksesuaian mencolok. 

Periksa juga janji pemilik sebelumnya atau pengembang terkait peralatan dan fasilitas yang harus ada dan berfungsi. Apabila terdapat perbedaan antara kontrak dan kenyataan di lapangan, Anda berhak meminta spesifikasi sesuai kontrak, pastikan hal ini diskusikan dengan pihak berwenang sebelum serah terima.

Periksa kualitas bangunan dan drainase

rumah termahal
ilustrasi rumah termahal (unsplash.com/Digital Marketing Agency NTWRK)

Related Topics