NEWS

Sebanyak 26% Karyawan di RI Alami Stress, Ini Tips Mengatasinya

Ini tips mengatasi stress dalam keseharian.

Sebanyak 26% Karyawan di RI Alami Stress, Ini Tips Mengatasinyailustrasi karyawan di perusahaan (freepik.com/Tirachardz)
10 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Studi terbaru dari Mercer Marsh Benefits bertajuk “Health on Demand 2023” menemukan fakta bahwa sebanyak 26 persen karyawan Indonesia mengaku mengalami stres dalam rutinitas pekerjaan sehari-hari. Studi tersebut dilakukan terhadap lebih dari 17.500 karyawan di 16 pasar seluruh dunia termasuk di Indonesia. 

Mencapai work-life balance memang penting demi hidup yang lebih berkualitas untuk menunjang produktifitas. Untuk itu, Allianz Indonesia memahami pentingnya hal tersebut dan mengadakan sesi khusus diskusi kepada para nasabah dengan mendatangkan pembicara ahli untuk bisa membantu karyawannya dalam mengatasi berbagai kondisi tersebut. 

“Kunci untuk mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan hidup serta memiliki kehidupan yang seimbang adalah dengan mindful living. Mindful living adalah hidup secara sadar dan fokus pada tujuan yg ingin dicapai saat ini, yang lebih tinggi dari sekedar pencapaian materi atau kebutuhan fisik dan psikologis,” ungkap Rani Anggraeni Dewi selaku International Certified ZEN Counselor & Couple Relationship Therapist dalam acara NgobrAZ (Ngobrol Bareng Allianz Citizens) diselenggarakan oleh Allianz Indonesia baru-baru ini.
 

Banyak terjadi pada wanita, ini penyebab utama stress

Fashion wanita
ilustrasi fashion wanita (unsplash.com/Arturo Rey)

Selain itu, berdasarkan survei Champion Health UK yang dirangkum dalam The Workplace Health Report 2023, disebutkan beberapa penyebab stres di lingkungan kerja adalah akibat adanya beban kerja yang berlebihan, kelelahan, serta WFH. Bahkan, karyawan wanita cenderung lebih rentan mengalami kecemasan dan depresi dibanding karyawan pria. 

Rani kembali menambahkan, hal penting lainnya untuk bisa melakukan mindful living dan mindful working adalah dengan selalu memiliki mindset berpikir positif serta melakukan detox negative emotion. 

Sebagai manusia, kita perlu menyadari bahwa di dalam hidup ini apapun yang kita kerjakan banyak sekali dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu yang bisa meninggalkan trauma serta memikirkan ketidak pastian di masa depan yang membuat khawatir, pikiran buruk/emosi  hingga ujungnya membuat stres. Itulah sebabnya kita perlu melepaskan semua beban emosi negatif tersebut dengan fokus pada apa yang sedang dihadapi  saat ini saja (living present). 

Ini tips mengatasi stress dalam keseharian 

interview kerja
ilustrasi interview kerja (unsplash.com/Tim Gouw)

Related Topics