NEWS

11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan

Cikal bakal bahasa.

11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakanilustrasi bahasa tertua di dunia (unsplash.com/NEOM)
30 April 2024
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Mungkin Anda sudah familiar dengan sejumlah bahasa asing, seperti Inggris, Jerman, Mandarin, dan lainnya. Akan tetapi, sebelum hal tersebut populer, terdapat sejumlah Bahasa Tertua di dunia.

Dilansir setkab.go.id, terdapat 6.700 bahasa yang diucapkan oleh penduduk dunia menurut laman UNESCO.

Setiap bahasa memiliki keunikan serta karakter masing-masing, mulai dari huruf, kalimat, bunyi, serta maknanya. Lalu, apa bahasa pertama di dunia?

Sebenarnya, sulit memastikan kemunculan cikal bakal bahasa. Akan tetapi, sistem penulisan pada peradaban modern pertama (lebih dari 5 ribu tahun lalu) serta peninggalannya bisa dimanfaatkan untuk mengetahuinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini daftar bahasa tertua di dunia. Simak selengkapnya!

1. Yunani

bahasa yunani
ilustrasi bahasa yunani (unsplash/arno senoner)

Bahasa tertua di dunia yang pertama adalah bahasa Yunani. Uniknya, bahasa ini sudah digunakan sejak abad 16 SM. Artinya, bahasa ini sudah berusia sekitar lebih dari tigas millennium.

Bahasa Yunani termasuk salah satu bahasa yang memiliki sejarah panjang dan terdokumentasi dengan baik. Berkembang pada era klasik, bahasa Yunani kerap dipakai oleh para ahli filsuf, matematika, hingga penulis drama. 

Bahasa Indo-Eropa ini menjadi cikal bakal dalam bahasa modern. Pada abad ke-19, bahasa Yunani modern menjadi bahasa resmi Kerajaan Yunani. Hingga saat ini, bahasa Yunani masih dipakai oleh penuturnya dan banyak dipelajari.

2. Mesir Koptik

bahasa mesir kuno
ilustrasi bahasa mesir kuno (worldhistory.org)

Related Topics