NEWS

9 Agama Tertua di Dunia, Ada yang Masih Diyakini!

Memiliki sejumlah pengikut sebelumnya.

9 Agama Tertua di Dunia, Ada yang Masih Diyakini!ilustrasi penganut agama tertua di dunia (unsplash.com/Pablo Rebolledo)
08 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tahukah Anda bahwa terdapat sembilan agama tertua di dunia yang telah dipercaya sebelum Masehi (SM)? Kepercayaan tersebut telah dianut dan memiliki sejumlah pengikut.

Agama tersebut masih dipercaya hingga saat ini dari sebelum kemunculan agama Abrahamik. Meski begitu, ada beberapa di antaranya yang sudah memudar pengaruhnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar agama tertua di dunia. Mari simak bersama!

1. Brahmanisme (8.000 SM)

Agama tertua di dunia pertama adalah Brahanisme atau dikenal dengan Weda Brahmanisme. Konsep inti Brahmanisme secara signifikan selaras dengan metafisika, mempertanyakan apa yang sebenarnya nyata, validitas waktu, keberadaan, kesadaran, dan asal serta dasar dari semua keberadaan.

Agama ini merupakan awal mula agama Hindu muncul. Pun selain agama Hindu, agama ini memiliki pengaruh terhadap Buddhisme dan Jainisme.

2. Hindu (7.000 SM)

Hindu merupakan agama yang telah lama dianut, yakni sejak tahun 7.000 SM dan masih eksis hingga saat ini. Agama Hindu diyakini berasal dari daerah dekat Sungai Indus (Pakistan modern).

Ajaran ini tidak mempunyai pendiri atau teks tunggal, melainkan menggabungkan beberapa tradisi maupun kepercayaan kuno. Agama ini memiliki kitab suci tertua yang berumur 3.500 tahun, yaitu Rig Veda.

Related Topics