NEWS

Cara Mendaftarkan Hak Cipta Lagu Secara Online

Mendapatkan perlindungan hukum.

Cara Mendaftarkan Hak Cipta Lagu Secara Onlineilustrasi hak cipta lagu (unsplash.com/Sincerely Media)
28 April 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Cara mendaftarkan hak cipta lagu penting untuk diketahui untuk pencipta lagu. Melalui hak cipta, lagu dan musik yang ditulis akan dilindungi secara hukum.

Hak cipta adalah sebuah hak eksklusif pencipta secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif. Hak cipta lagu diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM.

Saat ini, proses pencatatan tersebut tidak harus dilakukan langsung ke kantor, tetapi juga bisa didaftarkan secara online.

Lantas, bagaimana cara mendaftarkan hak cipta lagu secara online? Simak artikel berikut ini untuk penjelasan lebih lanjut.

Apa itu hak cipta?

pencipta lagu
ilustrasi pencipta lagu (unsplash.com/Rezli)

Aturan mengenai hak cipta termuat dalam Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Berdasarkan dari aturan tersebut, hak cipta terdiri dari hak moral dan hak ekonomi.

Hak moral adalah hak yang secara otomatis ada untuk penciptanya dan tidak bisa dialihkan ke orang lain selama penciptanya masih hidup.

Sedangkan, hak ekonomi merupakan hak eksklusif untuk pemegang hak cipta mendapatkan manfaat ekonomi dari hasil ciptaanya, salah satunya dapat berbentuk royalti.

Adapun masa berlaku perlindungan hak cipta adalah selama hidup pencipta. Jika sang pemegang hak meninggal, maka dapat diteruskan selama 70 tahun, terhitung mulai 1 Januari tahun berikutnya. 

Apabila lagu tersebut diciptakan oleh dua orang atau lebih, maka perlindungan hak cipta akan berlaku selama masa hidup pencipta terakhir meninggal dunia dan 70 tahun setelahnya, terhitung mulai 1 Januari tahun berikutnya.

Sedangkan, hak cipta lagu merupakan perlindungan terhadap lagu ciptaan oleh badan hukum dan berlangsung selama 50 tahun sejak dari pertama kali pengumuman kepemilikan hak cipta tersebut.

Cara mendaftarkan hak cipta lagu secara online

hak cipta lagu
ilustrasi hak cipta lagu (unsplash.com/Dayne Topkin)

Related Topics