NEWS

10 Kabupaten/Kota dengan Perekonomian Terbesar di Indonesia

Kota mana saja?

10 Kabupaten/Kota dengan Perekonomian Terbesar di Indonesiailustrasi uang (unsplash.com/Mufid Majnun)
12 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tahukah Anda terdapat 10 kabupaten/kota dengan perekonomian terbesar di Indonesia? Peringkat tersebut diukur berdasarkan dari hitungan Produk Domestik Regional Bruto (PRDB).

Tercatat jumlah kabupaten dan kota di Indonesia sebanyak 514 yang tersebar di 37 provinsi, terdiri dari terdiri dari 98 kota dan 416 kabupaten. Dari jumlah tersebut, terdapat sejumlah wilayah yang memiliki nilai PDRB terbesar di tanah air. 

PDRB merupakan pertambahan jumlah nilai barang dan jasa yang dihasilkan dari seluruh kegiatan perekonomian di suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu.

Berdasarkan data terakhir dari Badan Pusat Statistik tahun 2021, terdapat 10 kabupaten/kota dengan perekonomian terbesar di Indonesia. Mana saja itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Jakarta (Rp2.937,47 triliun)

Kabupaten/kota dengan perekonomian terbesar di Indonesia pertama adalah Jakarta. Sebagai ibu kota, wilayah ini berhasil menyumbang perekonomian sebanyak Rp2.937,47 triliun.

Selain itu, Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di wilayah ini juga cenderung lebih mahal dibanding daerah lainnya, yaitu sebesar Rp4,9 juta. Dengan UMK yang tinggi, maka tidak heran jika Jakarta menjadi daerah tujuan untuk para pekerja.

2. Kota Surabaya (Rp590 triliun)

Kota Surabaya berhasil meraih posisi kedua sebagai kota dengan perekonomian terbesar di tanah air. Ibu Kota Jawa Tengah ini memiliki PDRB hingga Rp590 triliun. 

UMK yang ditetapkan pemerintah Surabaya juga hampir mendekati Jakarta, yaitu Rp4,52 juta.

Related Topics