NEWS

12 Kota Terpanas di Indonesia, Update 9–10 Oktober 2023!

Penyebab meningkatnya suhu sejumlah wilayah di Indonesia

12 Kota Terpanas di Indonesia, Update 9–10 Oktober 2023!ilustrasi sinar matahari (pexels.com/Sindre Fs)
10 October 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada beberapa kota terpanas di Indonesia yang hampir mencapai 38 derajat celcius pada 9–10 Oktober 2023. Hal ini diungkapkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam laman sosialnya.

Seperti yang diketahui, beberapa daerah di Indonesia sedang dilanda cuaca panas yang ekstrem. Dilihat dari data yang dijabarkan BMKG, tiga daerah yang memiliki suhu maksimum harian berasal dari pulau Jawa.

Lalu, apa saja kota terpanas di Indonesia saat ini? Simak selengkapnya berikut ini!

Penyebab cuaca panas ekstrem di Indonesia

kota terpanas
ilustrasi kota terpanas (pexels.com/Sindre Fs)

Sejumlah daerah di Indonesia mengalami suhu yang lebih panas dari biasanya. Adapun penyebab cuaca panas ekstrem di Indonesia diakibatkan efek El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) pada musim kemarau.

Dilansir bmkg.go.id, El Nino merupakan fenomena pemanasan suhu muka laut (SML) di atas kondisi normal dan terjadi terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah. Dampak dari El Nino di Indonesia adalah akan terasa lebih panas pada musim kemarau, mulai dari bulan Juli sampai Oktober.

Berdasarkan prediksi BMKG, beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami curah hujan bulanan yang rendah (0–100 mm/bulan), khusus pada bulan Agustus, September, dan Oktober.

Adapun daerah tersebut, antara lain Sumatra bagian tengah hingga selatan, pulau Jawa, Kalimantan Selatan, Bali hingga Nusa Tenggara, sebagian Maluku, sebagian besar Sulawesi, dan Papua bagian selatan.

Daftar kota terpanas di Indonesia bulan Oktober 2023

musim kemarau
ilustrasi musim kemarau (pexels.com/Johannes Plenio)

Related Topics