NEWS

5 Kota yang Berhasil Menyelesaikan Masalah Polusi Udara

Bisa menjadi contoh!

5 Kota yang Berhasil Menyelesaikan Masalah Polusi Udarailustrasi polusi udara (unsplash.com/Amir Hosseini)
16 August 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat sejumlah kota yang berhasil menyelesaikan masalah polusi. Hal ini bisa menjadi contoh untuk kota yang mengalami permasalahan serupa, termasuk DKI Jakarta.

Pada hari ini, Rabu (16/8/2023), DKI Jakarta menduduki peringkat keempat sebagai kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Dilansir iqiar.com tingkat polusi udara sudah termasuk dalam kategori tidak sehat. Tercatat indeks kualitas udara Jakarta siang hari ini adalah 162 dengan konsentrasi polutan tertinggi PM2.5.

Permasalahan ini tentu saja tidak bisa dianggap remeh karena dapat mendatangkan berbagai penyakit, mulai dari risiko asma, penyakit jantung, hingga kanker paru-paru.

Sebelum Jakarta, terdapat sejumlah kota di dunia lainnya yang juga mengalami permasalahan serupa. Mengutip unep.org, terdapat lima kota yang menyelesaikan permasalahan polusi udara. Simak daftar lengkapnya berikut ini!

1. Warsawa, Polandia

polandia
ilustrasi polandia (unsplash.com/Reiseuhu)

Kota yang menyelesaikan permasalahan polusi pertama adalah Warsawa, Polandia. Tercatat sebanyak 36 dari 50 kota di Polandia mengalami polusi udara dan menyebabkan 46.500 kematian setiap tahunnya.

Hingga pada akhirnya di tahun 2019 mereka bekerja sama dengan Deklarasi C40 Clean Air Cities untuk memperbaiki kualitas udara di negara ini.

Di awal tahun 2022, mereka meluncurkan Breathe Warsawa yang bekerjasama dengan Clean Air Fund dan Bloomberg untuk meningkatkan kualitas udara. Saat ini, Kota Warsawa telah memiliki 165 sensor udara yang tersebar di seluruh kota.

Sensor tersebut digunakan untuk mengembangkan data kualitas udara yang memungkinkan para pejabat setempat untuk memahami sumber polusi udara.

2. Bogota, Kolombia

Kolombia
ilustrasi Kolombia (unsplash.com/Flavia Carpio)

Related Topics