NEWS

5 Manfaat Konsumsi Kurma Saat Puasa, Bagus untuk Kesehatan!

Konsumsilah saat sahur dan berbuka.

5 Manfaat Konsumsi Kurma Saat Puasa, Bagus untuk Kesehatan!ilustrasi kurma (unsplash.com/Rauf Alvi)
27 March 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Kurma adalah salah satu buah yang identik saat Ramadan. Selain rasanya yang manis, nyatanya kurma menyehatkan karena memiliki segudang manfaat bagi tubuh.

Terdapat beberapa manfaat kurma saat puasa yang perlu diketahui. Salah satunya adalah untuk mengembalikan energi setelah berpuasa selama satu hari.

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti karbohidrat, magnesium, protein, dan lain sebagainya. Untuk itu, amat disayangkan jika Anda melewatkan mengonsumsi kurma saat sedang berbuka puasa.

Untuk lebih jelasnya, berikut lima manfaat kurma saat puasa. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Menjaga kadar gula darah kembali normal saat berpuasa

Manfaat kurma saat puasa adalah untuk menjaga kadar gula kembali normal saat sedang berpuasa.

Perlu diketahui, saat sedang berpuasa, tubuh akan menggunakan gula yang tersimpan dalam tubuh guna menghasilkan energi. Hal inilah yang menyebabkan ketika sedang berpuasa tubuh akan mengalami penurunan gula darah.

Kurma yang mengandung fruktosa bisa mengembalikan gula darah yang telah terpakai sebelumnya. Oleh sebab itu, kurma sangat baik dikonsumsi saat sedang berpuasa.

2. Meminimalisir sembelit atau konstipasi

Ketika berpuasa, pasokan air di tubuh akan berkurang selama satu hari. Kondisi ini bisa memicu terjadinya dehidrasi yang berdampak pada sembelit atau konstipasi. 

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda mengonsumsi kurma saat berbuka maupun sahur. Hal ini karena buah kurma mengandung serat tinggi yang baik untuk pencernaan.

Makanlah sebutir kurma saat berbuka puasa maupun saat sahur agar menjaga kondisi kesehatan tubuh Anda tetap prima.

Related Topics