NEWS

7 Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia, Ada Indonesia

Mencapai ratusan hingga jutaan ton per tahun

7 Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia, Ada Indonesiailustrasi kebun teh (unsplash.com/rajat sarki)
03 May 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tahukah Anda terdapat beberapa negara penghasil teh terbesar di dunia? Teh menjadi salah satu minuman favorit sebagian besar orang di seluruh negara.

Menurut catatan sejarah, teh telah diperkenalkan sejak abad ke-15 oleh Dinasti Shang di China. Pada saat itu, teh bukanlah dianggap sebagai minum, melainkan sebagai ramuan obat-obatan.

Memasuki abad ke-17 teh menjadi populer di Inggris. Hingga Inggris memperkenalkan minuman ini ke India bertujuan untuk menyaingi monopoli perdagangan teh dari negara tirai bambu.

Namun, bukan hanya China atau Inggris saja, melainkan terdapat sejumlah negara yang menjadi produsen atau penghasil teh. Dilansir World Atlas dan Speciality Tea Alliance, berikut ini negara penghasilan teh terbesar di dunia.

1. China

kebun teh di China
ilustrasi kebun teh di China (unsplash.com/rajat sarki)

China menjadi peringkat pertama sebagai negara penghasil teh terbesar di dunia. Merilis dari Database FAO negara ini bisa memproduksi teh hingga 1.473.443 ton per tahun. 

Adapun daerah penghasil teh di negara tersebut berasal dari Provinsi Fujian, Hubei, Sichuan, Yunnan, dan Provinsi Hunan. Varietas teh terpopuler di negara ini, meliputi teh oolong, teh kuning, teh melati, teh putih, dan teh hijau.

2. India

membuat minuman teh
ilustrasi membuat minuman teh (unsplash.com/Sonaal Bangera)

Related Topics