NEWS

Ledakan Penduduk: Faktor, Akibat, dan Cara Mengatasinya

Saat ini, populasi mencapai 8 miliar manusia.

Ledakan Penduduk: Faktor, Akibat, dan Cara Mengatasinyailustrasi ledakan penduduk (unsplash.com/Joseph Chan)
17 November 2022
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ledakan penduduk adalah sebuah kondisi laju pertumbuhan penduduk meningkat dengan cepat dalam suatu periode.

Hal ini akan memperburuk kondisi sosial di suatu wilayah dan menyebabkan pemukiman padat penduduk. Biasanya, kondisi ini terjadi di negara-negara berkembang, salah satunya termasuk Indonesia.

Lantas, apakah ledakan penduduk ini selamanya bersifat negatif? Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian, faktor, akibat, cara mengatasi ledakan penduduk dalam artikel berikut ini.

Apa itu ledakan penduduk?

pemukiman kumuh
ilustrasi pemukiman kumuh (unsplash.com/Bui Hoang Lien)

Ledakan penduduk adalah suatu keadaan ketika jumlah pertambahan jumlah penduduk begitu tinggi dalam waktu yang cepat. Hal ini disebabkan tingginya angka kelahiran dan penurunan angka kematian. 

Adapun angka kematian yang menurun drastis pada sebuah negara adalah suatu pembuktian adanya perbaikan gizi dan kondisi kesehatan masyarakat yang membaik.

Meski ledakan penduduk ini memberikan tanda positif di bidang kesehatan, tapi pertumbuhan penduduk yang tidak dibarengi dengan peningkatan ekonomi akan membuat kondisi negara memburuk.

Hal ini tentu akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Dikhawatirkan, nantinya tingkat pengangguran dan kriminalitas menjadi meningkat. Selain itu, pencemaran lingkungan akan terjadi akibat dieksploitasi untuk pemenuhan kebutuhan.

Faktor-faktor penyebab ledakan pendudukan

Ledakan Penduduk
ilustrasi ledakan penduduk (unsplash.com/Joshua Watson)

Related Topics