NEWS

10 Suku dengan Populasi Terbanyak di Indonesia, Mana Saja?

Suku apa saja yang mendominasi?

10 Suku dengan Populasi Terbanyak di Indonesia, Mana Saja?Ilustrasi Suku Jawa di Indonesia (unsplash.com/Angga Indratama)
07 June 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai budaya, suku, dan bahasa. Hal inilah yang membuat negara satu ini unik dan mempunyai daya tarik tersendiri di mata dunia.

Bahkan, satu provinsi saja bisa terdapat terdapat puluhan atau ratusan suku dan sub-suku yang tumbuh di daerah tersebut.

Dikutip indonesia.go.id, terdapat 300 kelompok etnik atau suku bangsa dan 1.340 suku bangsa di tanah air. Hal ini sesuai dengan data sensus BPS tahun 2010.

Setiap daerah atau suku memiliki salah satu suku yang dominan. Contohnya, Sumatera Barat didominasi oleh suku Minangkabau, Daerah Istimewa Yogyakarta didominasi oleh suku Jawa.

Akan tetapi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tidak menutup kemungkinan dalam satu provinsi terdapat lebih dari satu suku di dalamnya.

Lantas, di antara ribuan suku tersebut, manakah suku dengan populasi terbanyak di Indonesia?  Simak selengkapnya berikut ini!

1. Suku Jawa

Mengutip bps.go.id, suku dengan populasi terbanyak di Indonesia adalah suku jawa dengan proporsi sebesar 40,02 persen dari jumlah penduduk atau 95,2 juta jiwa.

Masyarakat suku Jawa mendominasi tiga provinsi besar di Pulau Jawa, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Meski begitu, suku ini juga tersebar di provinsi lainya. Dengan kata lain, hampir seluruh wilayah di Indonesia terdapat masyarakat Jawa.

2. Suku Sunda

Berdasarkan sensus penduduk 2010. suku Sunda menempati posisi kedua terbesar di Indonesia dengan jumlah sebanyak 15,5 persen atau 36,7 juta jiwa.

Provinsi Jawa Barat menjadi wilayah yang paling banyak didiami oleh masyarakat Sunda.

Related Topics