NEWS

6 Hal Penting Soal Skema TKDN Laptop yang Digodok Pemerintah

Pemerintah ingin tumbuhkan industri lokal lewat TKDN laptop.

6 Hal Penting Soal Skema TKDN Laptop yang Digodok PemerintahPixabay/Umer Udrisi
09 August 2021
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan segera mengeluarkan skema perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri atau TKDN laptop. 

Sebelumnya, Kemenperin sudah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No.22/2020 tentang Ketentuan Tata Cara Perhitungan Nilai Tingkat Komponen dalam Negeri Produk Elektronika dan Telematika. Untuk tahun ini, skema yang akan rilis secara khusus akan mengatur TKDN laptop.

Ada banyak hal yang mesti Anda ketahui mengenai skema TKDN untuk laptop. Mulai dari perkembangan proses penyusunannya, bocoran jenis skema perhitungan TKDN, hingga tujuan dari regulasi tersebut ke depannya.

Untuk mengetahui informasinya secara lebih mendalam, mari simak ulasan berikut ini!

1. Skema akan Segera Diharmonisasi

Menurut Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Taufiek Bawazier, saat ini rancangan legal regulasi skema TKDN untuk laptop sedang diteliti. Setelah proses, akan ada tahapan harmonisasi.

Selain Kemenperin, penyusunan skema itu melibatkan sejumlah pihak. “Proses penyusunan (Skema TKDN) laptop telah mendapatkan masukan dari para pelaku usaha dan akademisi,” ujar Taufiek kepada Fortune Indonesia, Kamis (5/8).

2. Ada 2 Skema Perhitungan TKDN Laptop

6 Hal Penting Soal Skema TKDN Laptop yang Digodok Pemerintah
Dok. Shutterstock/Khun Mix

Related Topics